|

Dandim 0303/Bengkalis Laksanakan Giat Pembinaan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme

harianfikiransumut.com - Bengkalis : Dandim 0303/Bengkalis laksanakan giat pembinaan Komsos cegah tangkal Radikalisme yang bertujuan untuk membina ketahanan mental masyarakat terhadap pengaruh radikal dan separatis, di Aula Makodim 0303/Bengkalis Jalan Bantan, Kamis pagi (05/09/19)

Dengan tema " cegah tangkal radikalisme separatisme", kita perkokoh mentalitas dan pemahaman ideologi pancasila guna mencegah ancaman bahaya radikalisme separatisme dalam rangka mewujudkan alat juang pertahanan.

Dalam sambutan Dandim 0303/Bengkalis yang diwakili Kasdim Mayor Inf Dedyk Wahyu Widodo S.Sos, Kita sebagai aparat pemerintah mari kita laksanakan tugas kita sebagai pelayan masyarakat yang baik sehingga masyarakat menjadi senang dan aman dengan adanya kita disini.

“Kita wujudkan saling pengertian dan pemahaman tentang peran, fungsi dan tugas masing-masing, bahkan diharapkan mampu mewujudkan suatu kemampuan komponen bangsa dalam ikut mengantisipasi serta mencegah terhadap muncul dan masuknya paham Radikalisme/Separatisme dalam perkembangan kondisi sosial yang pesat,” tegas Kasdim.

Di akhir sambutannya, Kasdim 0303/Bengkalis, menghimbau kepada masyarakat agar tidak terpengaruh terhadap kelompok maupun gerakan yang dapat merusak ideologi Pancasila, dan berani melaporkan kepada pihak yang berwenang apabila mengetahui akan adanya gerakan/kelompok tersebut.

“Kita sebagai aparat pemerintah mari kita laksanakan tugas kita sebagai pelayan masyarakat yang baik sehingga masyarakat menjadi senang dan aman dengan adanya kita disini,” pungkasnya.

Sedangkan kepada anak muda, jangan mudah terpengaruh terhadap isu isu yang tidak benar dan diharapkan bisa membangun bangsa dan negara sehingga lebih maju,aman dan sejahtera,”ucap Kasdim.

Sementara itu Waka Polres Bengkalis Kompol Kurnia Setyawan S.I.K, yang menghadiri dan sekaligud sebagai nara sumber dari Kepolisian Republik Indonesia, dalam materi yang ia paparkan, Kompol Kurnia menyampaikan bagaimana pola rekruitmen terhadap paham radikalisme yang sering terjadi kepada masyarakat.

“Pola yang sering mereka gunakan adalah membandingkan idiologi agama dengan negara, kita sering terjebak pada penyampaian paham yang mereka sampaiakan, jika kita kurang memahami maka kita akan mudah masuk ke lingkaran mereka, untuk itu disini saya jelaskan tentang paham-paham yang sering mereka gunakan untuk merekruit masyarakat, agar nantinya kita tidak terjebak dan lebih berhati-hati dalam mengikuti berbagai kegiatan yang bisa saja ada unsur radikalisme disana,”jelas Waka Polres Bengkalis.

Waka Polres juga menghimbau agar masyarakat tidak mudah terpancing dengan banyaknya beredar isu-isu melalui media sosial sebelum mengetahui kebenarannya.

“Kita harus pintar-pintar menggunakan media sosial jika mendapat suatu informasi sebaiknya kita cari kebenarannya dulu jangan langsung diterima mentah-mentah tanpa tau kejadian yang sebenarnya,”pesan Waka.

Yang hadir pada penyuluhan tersebut, Dandim 0303/Bengkalis diwakili Kasdim 0303/ Bengkalis Mayor inf Dedyk Wahyu Widodo S.Sos. Kapolres Bengkalis diwakili Wakapolres Bengkalis, Kompol Kurnia Setyawan S.I.K, Kaban Kesbangpol Bpk. Hermanto Baran, Pasi Log Dim 0303/Bkls Kpt Inf M. Adhar, Pasi Ter Dim 0303/ Bengkalis Kpt Inf Isnanu. nggota Kodim 0303/ Bengkalis. Para Mahasiswa Stain Bengkalis,STIE Syariah Bengkalis,Akademi Komonitas Negri Bengkalis, Politeknik Bengkalis dan Masyarakat Sekitar Makodim Bengkalis.(rilis Uje)
Komentar

Berita Terkini