Wali Kota Tebing Tinggi: OPD jangan anggap enteng kearsipan

harianfikiransumut.com- Tebing Tinggi: Wali Kota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan mengingatkan para pimpinan OPD di lingkunganitu jangan menganggap enteng masalah kearsipan.

Hal ini disampaikanya saat membuka sosialisasi Kearsipan di lingkungan Pemko Tebing Tinggi, yang dilaksanakan ole Dinas Perpustakaan dan Arsip, dengan narasumber DR.Andi Kasman.SE.MM Deputi kearsipan dari ANRI Jakarta yang berlangsung dua hari 11-12 Juli di gedung Hj. Sawiyah.

Selain itu ia menambahkan, arsip itu menentukan akuntabilitas suatu kebijakan dan punya kaitan dengan informasi keterbukaan publik.

"Dengan memelihara atau menyusun arsip dengan baik akan menyelamatkan diri sendiri, dari kebijakan yang ber implikasi dalam kasus hukum pidana atau perdata," katanya.

Untuk itu Umar berharap kepada semua OPD agar mempersiapkan ruangan beserta Arsiparisnya yang mengurusinya.

"Kedepan diharapkan masalah kearsipan dilingkungan Pemko Tebing Tinggi dapat tertata dengan baik," katanya.

Sementara itu Dr. Andai Kasman SE.MM Deputi Kearsipan dari kearsipan nasional RI, peran arsip sangat penting saat ini, apalagi banyaknya informasi HOAX saat ini.

Dan akibatnya hal-hal yang tidak benar bisa jadi benar jika didukung oleh orang banyak, untuk menentangnya arsip menjadi barang bukti otentik suatu informasi.

"Saat ini ada 800 ribu situs di Indonesia yang menyebar berita hoax, dan Arsip lah yang menjadi alat pembuktian,dan punya peran penting." katanya.(Nzl)
Komentar

Berita Terkini