|

Ketua TP-PKK Buka Lomba Desain Fashion Berbasis Etnic Aceh

harianfikiransumut.com - Redelong : Ketua TP-PKK Kabupaten Bener Meriah Ny. Nikmah Sarkawi membuka lomba design fashion berbasis etnic Aceh Tahun 2019 di panggung utama PIPMG yang berada di lapangan Umah Pitu Ruang, Kampung Bale Atu, Kecamatan bukit, Kabupaten Bener Meriah, Rabu (10/7/2019)

Pada saat pembukaan itu, Ny. Nikmah Sarkawi menyampaikan dirinya merasa senang bisa hadir dan bersilaturahmi dengan para peserta acara perlombaan desain baju bermotif etnis Aceh dalam rangka memeriahkan Pekan Inovasi Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong yang berlangsung di Kabupaten Bener Meriah.

“Seperti yang kita tahu, etnis Aceh memiliki keragaman budaya yang sangat kaya dan beragam,salah satu yang  paling menarik desain pakaian tradisionalnya. desainnya memiliki beragam motif dengan esensi filosofi, desain yang cantik, dan nilai seni yang sangat tinggi serta metode pengerjaan yang dikerjakan dengan tangan atau dicetak.”papar Ketua TP-PKK Bener Meriah itu.

Dia menambahkan, sebagai bagian dari warisan budaya, desain fashion tradisional Aceh dipandang sebagai identitas budaya Indonesia yang semakin kuat, tidak hanya orang biasa, para pejabat pun senang memakai baju bermotif Aceh seperti kerawang Gayo, Kerawang Aceh dan lain-lain, “oleh karena itu, kita mesti mengembangkan produk tradisional ini sebagai produk budaya Indonesia yang potensial dan harus dikembangkan dari berbagai segi, seperti warna ataupun motif dan desain. Hal yang paling utama adalah kita harus melestarikan seni fashion etnis tradisional yang menjadikan para pengrajin makin mencintai profesinya.”harap Ny. Nikmah Sarkawi itu.

Sementara itu, Cek Man, selaku dewan juri dari Dinas Parawisata Provinsi Aceh menyampaikan criteria penilaian yang dilakukan adalah, penilaian desain gambar, corak, warna, motif dan penilaian presentasi para peserta dari design gambar yang di buat.

Informasi yang diterima dari tim panitia, peserta yang mengikuti lomba sebanyak kurang lebih 40 orang peserta yang berasal dari kabupaten/kota dalam Provinsi Aceh, sebelumnnya peserta telah menyampaikan desain gambar yang di lombakan, dari 40 peserta tersebut, yang memenuhi criteria sebanyak 12 orang peserta yang pada hari ini, (Rabu 10-7-2019-red mengikuti tahap perlombaan ahir, dan pengumuman akan dilakukan pada acara penutupan PIPMG pada hari Sabtu Tanggal 13-Juli 2019 di lapangan Umah Pitu Ruang, Kampung Bale Atu, Kecamatan Bukit.

Dewan Juri, Ny. Nikmah Sarkawi Ketua TP-PKK Kabupaten Bener Meriah, dan Cek Man dari Dinas Parawisata Provinsi Aceh yang dibantu oleh Tim dari TP-PKK Provinsi Aceh.(Dasa)
Komentar

Berita Terkini