|

Kepala Balitbang Bengkalis Buka Kegiatan Diseminasi Pengembangan Tanaman Lahan Gambut

harianfikiransumut.com : BENGKALIS - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Bengkalis Emri Juli Harnis melalui Sekretaris Balitbang Bengkalis H Dahen Tawakal secara resmi membuka kegiatan diseminasi pengembangan tanaman bernilai ekonomis di lahan gambut Kabupaten Bengkalis, Rabu 3 Juli 2019, bertempat di ruang rapat Balitbang Jalan Pertanian Bengkalis.

Kegiatan diseminasi itu digelar sehari, oleh  Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Bengkalis dengan mendatangkan narasumber dari Provinsi Riau Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Dr. Nana Sutrisno.

“Kita ketahui Kabupaten Bengkalis sebagian besar merupakan kawasan gambut dengan vegetasi tanaman tropis khas hutan gambut, untuk mendukung hal tersebut dalam meningkatkan ekonomi maka penting mengetahui potensi jenis tanaman yang bernilai ekonomis dan cocok di kembangkan di lahan gambut,” ujar Dahen pada sambutan tertulis Kepala Balitbang Kabupaten Bengkalis.

Dengan tujuan sambungnya, peningkatan ketahanan pangan, pelaksanaan konservasi, pemberdayaan masyarakat, serta peningkatan taraf hidup. Dengan diseminasi ini diharapkan dapat memberikan informasi dan menambah wawasan tentang tentang hasil-hasil kelitbangan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Riau khususnya pengembangan taman bernilai ekonomis di lahan gambut sehingga bisa diterapkan di Kabupaten Bengkalis.

Selanjutnya Dahen Menambahkan, untuk diketahui bersama bahwa kelitbagan adalah kegiatan ilmiah yang bertujuan menghasilkan pemahamannya cara baru dan mengembagkan penerapan praktisnya dalam konteks ilmu pengetahuan dan teknologi lingkup penyelenggaraan pemerintah dalam negeri.

Sambungnya kegiatan balitbangan terdiri dari kegiatan penelitian, pengkajian, pengembangan, perekayasaan, penerapan, pengoperasian dan evaluasi.

“Kami sangat mendukung atas terselenggaranya kegiatan ini, dengan harapan semoga melalui desiminasi ini, dapat menambah wawasan aparatur sipil negera tentang produk-produk kelitbangan yang  telah dihasilkan, khususnya produk kelitbang balai pengkajian teknologi pertanian,” harapannya.(Uje/Duliater)
Komentar

Berita Terkini