|

Camat Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas,Abdul Rauf Hasibuan SH, melaksanakan kegiatan Upah-Upah

harianfikiransumut.com - Padang Lawas :T tepung tawar atau upah-upah sebagai budaya di daerah tersebut berupa pemberian nasihat oleh pemuka masyarakat kepada warga setempat.

Camat Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas,Abdul Rauf Hasibuan SH, melaksanakan kegiatan Upah-Upah kepada seluruh para calon jamaah Haji se Kecamatan Hutaraja Tinggi, Jum’at (12/7/2019) di Aula Kantor Camat Hutaraja Tinggi.
Mengupa-upah merupakan salah satu upacara adat yang berasal dari Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Upacara upah-upah bertujuan untuk mengembalikan tondi ke badan dan memohon berkah dari tuhan yang maha esa agar selalu selamat, sehat, dan murah rezeki dalam kehidupan.

Acara dimulai dengan laporan Ketua kegiatan, KUA Kecamatan Hutaraja Tinggi, yang diwakili oleh staf, Undangan Hasibuan.

Dalam laporannya beliau menjelaskan bahwa jumlah calon jemaah yang akan berangkat berjumlah , 80 jamaah.

” Seharusnya yang berangkat yang seharusnya berjumlah 82 jamaah, namun 2 orang jamaah calon Haji telah meninggal dunia, ” ucap Undangan Hasibuan.

Acara dilanjutkan sambutan dari tokoh masyarakat dan tokoh agama, Hutaraja Tinggi, H . Hasan Hadibuan. Beliau menekankan kepada para calon jemaah Haji untuk melakukan yang terbaik.

“Dengan kesungguhan kita melakukan sebaik-baiknya , mudah- mudahan nantinya menjadi Haji dan Hajah yang mabrur,” ucap H Haspan Hasibuan.

Mewakili sambutan dari calon jemaah Haji , Anwar Sadikin Hasibuan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mengadakan acara upah upah atau tepung tawar. Terutama Camat Hutaraja Tinggi, yang menyelenggarakan acara ini,

” Kami merasa bangga atas perhatian Camat Hutaraja Tinggi, Bapak Abdul Rauf Hasibuan SH, kami tidak dapat membalasnya , mudah mudahan keikhlasan yang dilakukan mansapat balasan dari Allah SWT,” kata Anwar Sadikin Hasibuan.

Dalam bimbingan, Camat Hutaraja Tinggi,Abdul Rauf Hasibuan SH menyebutkan "bahwa tujuan kegiatan ini bentuk keperdulian dari pihak Muspika kecamatan Hutaraja tinggi kepada para calon jamaah Haji".

Ditambahkannya,” Kami atas nama muspika Hutaraja Tinggi mengharapkan agar para calon jemaah Haji dapat menjalankan semua rukun Haji saat melakukan ibadah haji di Mekah,” di sebutkan Camat Hutaraja Tinggi.

Dan kami mendo’akan agar seluruh calon jemaah Haji selamat sampai tujuan dan kembali lagi ke kampung halaman ,” ungkap Camat Hutaraja Tinggi.

Tradisi tepung tawar atau upah-upah sebagai budaya di daerah tersebut berupa pemberian nasihat oleh pemuka masyarakat kepada warga setempat. Jamaah calon haji daerah daerah setempat juga diharapkan memperdalam syariat/hukum haji yang telah dipelajari semasa melakukan manasik.(Liber sihotang)
Komentar

Berita Terkini