|

Bupati Palas Resmikan TMMD 105 Tahun 2019


harianfikiransumut.com- Padang Lawas : TMMD adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya.

Bupati Padang Lawas Ali Sutan Harahap (TSO) meresmikan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 di Desa Hutaraja Lamo, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, Rabu.(10/7/2019)

Turut hadir dalam acara pembukaan TMMD ke 105 tersebut, Danrem 023/KS Kolonel Inf Tri Saktiyono, Kasiter Letkol Kav Setia Budi, Kasipers Letkol Caj Drs Hariadi, Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib, Pemkab Mandailing Natal, Pemkab Tapsel, Pemkab Padang Lawas Utara dan Pemkab Padang Lawas serta
tamu tang lainnya.

Bupati Padang Lawas H Ali Sutan Harahap (TSO) mengatakan
"Perwujudan TNI sebagai sinergitas tugas pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan di wilayaha tugas adalah kenyataan dengan program TMMD," katanya.

Sambungnya,"Dengan program TMMD ini bukti nyata dalam mengangkat kesejahteraan masyarakat itu tidak bisa ditawar-tawar, TNI konsen dan sepenuhnya untuk masyarakat dan rakyat, tugas pokok TNI untuk masyarakat dan rakyat, tidak ada yang lain dalam mensejahterakan rakyat, terkhusus untuk masyarakat Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara", ungkapnya.

Ditambahkannya,"Pembangunan daerah bersama TNI hingga ke desa merupakan aklerasi yang nyata kepada masyarakat guna meningkatkan ekonomi, TNI menunggal bersama rakyat selaku Pemkab Padang Lawas sangat mendukung penuh atas tugas negara tersebut,"ungkapnya.

Bupati Padang Lawas Ali Sutan Harahap (TSO) juga berharap,
"Kepada seluruh pihak dan element masyarakat saya mengajak untuk peningkatan pembangunan Kabupaten Padang Lawas lebih bercahaya," harapnya.

"Terimakasih kepada masyarakat terkhusus Desa Hutaraja Lamo dan Desa Mondang yang merelahkan tanah dan tanamannya yang diberikan secara sukarela, semoga program ini dapat dirasakan masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu Komandan Kodim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto, mengatakan," bahwa kegiatan itu didukung penuh oleh Pemkab Padang Lawas.

"Dengan program TMMD ke-105 itu dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Sosa secara keseluruhan.Program TMMD ini dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah sasaran dengan menggunakan bottom up planning system yang dilaksanakan secara komprehenif dan integral, karena melibatkan semua unsur yang terkait mulai dari tingkat Desa dan Kelurahan".

 "Sasaran-sasaran yang dipilih berdasarkan skala prioritas, diteliti dan dipadukan dengan program pemerintah daerah, kemudian dibahaas di forum DPRD untuk disyahkan menjadi Program Pembangunan Daerah".

Ditambahkannya,"TMMD ini melibatkan 33 Departemen dan Lembaga Pemerintah Non Departemen yang secara terpadu memasukkan acuan program masing-masing instansi ke dalam program kegiatan fisik atau non fisik TMMD tersebut. Departemen Dalam Negeri RI ditunjuk sebagai Koordinator Pencapaian Sasaran kegiatan fisik dan Departemen Agama RI sebagai Koordinator Pencapaian Sasaran kegiatan non fisik",ungkapnya dengan penuh semangat.(Liber Sihotang)
Komentar

Berita Terkini