Pemkab Labuhanbatu Melaksanakan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila

harianfikiransumut.com - Labuhanbatu : Pemerintah Kabupaten Labuhan batu peringati Hari Lahir Pancasila ke-74 Tahun 2019 dengan upacara bendera di lapangan BKPP Labuhanbatu (1/6-2019).

Plt Bupati H.Andi Suhaimi Dalimunthe ST.MT  bertinda sebagai Inspektur upacara (Irup) dan sekaligus membacakan amanat Ketua Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP) Hariyono mengatakan Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa.

“Pancasila adalah anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia,” tuturnya.
Menurutnya, walaupun kita sebagai bangsa masih belum sempurna berhasil untuk merealisasikan nilai-nilai Pancasila, namun tak dapat kita pungkiri eksistensi ke-indonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini, ujarnya.

Tak hanya itu tambah  Andi Suhaimi  Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan.
Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

“Proses internalisasi inilah sehingga Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus agar Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kebidupan sehari-hari,” paparnya.

Dikatakannya juga bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan ‘Piagam Jakarta’ oleh ‘Panitia Kecil’ tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada tanggal 18 Agustus 1945.

"Melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan, 'Kita Indonesia, Kita Pancasila', tegasnya.

Diakhir upacara plt Bupati  H.Andi Suhaimi juga mengucapkan mohon maaf lahir batin kepada seluruh peserta upacara dan nikmati libur yang panjang ini dengan tetap berhati-hati dan jaga keselamatan dalam bermudik lebaran sehingga kembali berkantor sesuai jadwal yang telah ditentukan, ucapnya.

Upacara turut dihadiri  Sekdakab Labuhanbatu Asisten, Staf ahli  pimpinan OPD, Kabag, para Camat se-Labuhanbatu pejabat Eselon lll dan IV serta ASN OPD se, lurah labuhanbatu terlihat denga suasana cuaca di warnai hujan gerimis tetap hadir dengan semangat pancasila.


 (M,syarif)
Komentar

Berita Terkini