Davy Bartian, Bc.IP. S.Sos.MM Pimpin Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Di Lapas Kelas IIB Kualasimpang.


harianfikiransumut.com - Aceh Tamiang : Lapas Kelas IIB Kualasimpang menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila bertepatan pada 01 Juni 2019, upacara tersebut dipimpin langsung oleh Davy Bartian, Bc.IP. S.Sos.MM Pimpin Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Lapas Kelas IIB Kualasimpang bertempat di halaman Lembaga Pemasyarakatan Setempat, Sabtu (01/06/2019).

Haryono Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP) dalam amanatnya yang dibacakan oleh Davy Bartian, Bc.IP. S.Sos.MM Pimpin Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Lapas Kelas IIB Kualasimpang mengatakan Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan ragam budaya, dan pancasila merupakan pemersatu keberagaman tersebut. Karena Pancasila merupakan dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa.
Hal itu, tidak terlepas dari sejarah panjang bangsa ini, dan perjuangan para pahlawan bangsa yang terlebih dahulu meninggalkan kita.
Oleh karena itu, sebagai bangsa besar kita tidak akan meninggalkan sejarah, seperti yang pernah disebutkan oleh Bung Karno (Presiden RI ke I-red) "JasMerah", sebutnya.

Menurutnya, peringatan hari kelahiran pancasila 1 Juni ini tidak terlepas dari momentum perumusan Piagam Jakarta oleh panitia kecil 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan kemerdekaan Indonesia (PPKI) 18 Agustus 1945 silam.

Dengan demikian, perdebatan tentang kelahiran Pancasila tidak ada lagi. Ia menilai, saat ini yang diperlukan adalah bagaimana masyarakat bangsa ini mengamalkan dan mengamankan Pancasila secara simultan dan terus menerus, harapnya.

Davy Bartian menambahkan, melalui peringatan hari kelahiran pancasila 1 Juni 2019 ini, Pancasila perlu dijadikan sumber inspirasi "Politik Harapan" dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, "kita Indonesia, Kita Pancasila," tutupnya mengakhiri.

Upacara tersebut diikuti oleh seluruh jajaran ASN, Staf dan Petugas yang berada dilingkungan lembaga pemasyarakatan kelas II B Kualasimpang, (Pakar).

Komentar

Berita Terkini