BAHAS PERSOALAN PENCEMARAN LINGKUNGAN, FORGAN AUDIENSI KE DLH DUMAI


harianfikiransumut.com - Dumai : Forum Gabungan Wartawan (FORGAN) pada Senin (24/06/2019) Audiensi ke Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai. Audiensi ini dilakukan Jajaran Pengurus FORGAN dengan agenda selain menjalin silaturahmi, juga memperkenalkan akan keberadaan Organisasi FORGAN di Kota Dumai sekaligus membahas persoalan-persoalan Lingkungan Hidup di Kota Dumai.

Audiensi Jajaran FORGAN ini disambut baik oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Satrio Wibowo diwakili Afdal Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup beserta Bidang dan Kasi DLH lainnya. "Pak Kadis titip salam kepada Jajaran FORGAN, dikarenakan beliau tak bisa turut serta dalam Audiensi ini. Sebab beliau ada kegiatan," ucap Afdal.

Afdal menjelaskan, bahwa terkait persoalan pencemaran lingkungan di Kota Dumai, tidak semuanya menjadi kewenangan DLH. Apa lagi dikawasan Pelabuhan Pelindo. "Persoalan jika ada terjadi pencemaran laut, seperti minyak tumpah dan lainnya, dengan berbagai faktor, itu bukan tugas dari DLH saja, namun ada juga tugasnya KSOP dan Pelindo. " Untuk itu, kami berharap, FORGAN juga dapat melakukan Audiensi terhadap KSOP dan Pelindo Dumai. Agar dari berbagai pihak ini dapat diketahui oleh FORGAN apa dan bagaimana kewenangannya." ucap Afdal.

Usai membahas persoalan pencemaran laut, Jajaran FORGAN juga mempertanyakan sistem keterbukaan informasi publik Dinas LH, serta mempertanyakan persoalan penanganan sampah. Persoalan inipun dijawab oleh Deddy Kabid Pengolahan Sampah dan Limbah B3 (PSLB3).

Bahwa pihak Dinas LH terbuka bagi siapa saja yang hendak melakukan pengaduan atas adanya insiden terkait pencemaran lingkungan. Mengenai sampah yang terkadang belum di angkut oleh petugas DLH, dikarenakan Armada Pengangkut Sampah belum mampu untuk mengakomodir secara keseluruhan, sebab jumlah Armada saat ini hanya 18 Unit.

"Kami dalam beberapa bulan ini sudah berupaya semaksimal mungkin untuk mengatasi tumpukan sampah dipinggir-pinggir jalan umum.

Terkadang petugas kami ada yang pulang kerja hingga larut malam, apabila mendapat sif kerja pada sore hari. " Saat ini kami sedang menyusun Master Plan terkait persoalan sampah, serta akan melakukan pengajuan penambahan Armada yang kami butuh 42 Unit Mobil pengangkut sampah. Sehingga dapat mengatasi tumpukan sampah-sampah, " ucap Deddy.

Disamping itu, Ridwan Syafri yang disapa akrabnya Ocu selaku Ketua Umum FORGAN menyampaikan terimakasih kepada Jajaran Dinas LH Dumai, yang telah meluangkan waktunya untuk menerima Audiensi FORGAN. "Tujuan Audiensi ini akan kita lakukan terus, selain menjalin silaturahmi, kita juga akan sharing-sharing terkait tupoksi masing-masing, baik Instansi di Pemerintahan maupun lainnya," tandas Ocu.(Tim/RDS/Duliater).
Komentar

Berita Terkini