Menkumham RI: Kerusuhan Lapas Narkoba Langkat Sama Kejadiannya di Siak


harianfikiransumut.com - Langkat : Mentri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Menkumhan) RI Yasonna Laoly mengatakan, kejadian kerusuhan di Lapas Narkoba Klas III Langkat, Sumatera Utara Kamis (16/5/2019) sama kejadiannya seperti peristiwa di Kabupaten  di Siak, Riau.

"Kita telah menyetujui pimpinan Lapas dan Kepala Rutan untuk ditunjuk pelaksana harian", katanya usai berdialog dengan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Narkoba Langkat pada kunjungan kerjanya Sabtu (18/5/2019).

Ddampingi Dirjen PAS Sri Puguh Budi Utami, Yasonna Laoly menjelaskan, penunjukan pelaksana dan penon aktifan Kepala Lapas Narkoba terhitung Sabtu.

"Mulai hari ini sudah nonaktif dan tidak semua pegawai, hanya Kalapas. Saya mendengar tadi pungli dan lain - lain semua dibuka oleh WBP. Semua bedol desa", katanya.

Mentri Yasonna juga mendengar ada pungli - pungli dalam remisi.

Secara bertahap pihaknya melakukan pembersihan nanti. Kita memang punya remisi sistem online hanya ini harus betul-betul, sambil menoleh ke Dirjend PAS, Yasonna, lihat buk Dirjen, pengiriman elektronik dari sini ke Jakarta harus betul-betul online jangan main antar-antar dan bantu.

Yasonna, juga akan menyelidiki oknum yang melakukan pembakaran terhadap pasilitas lapas dan kenderaan.tersebut, sebagian dari hukuman juga telah disiapkan untuk pembatalan remisi bagi warga binaann, yang melakukan pembakaran tidak akan diberikan remisi.

Yasonna juga menyinggung tindakan tegas yang dilakukan pegawai Lapas dalam melakukan razia narkoba benar adanya. Namun, yang tidak dibayangkannya adalah tindakan menantang petugas dari warga binaan.

"Memang ada kekerasan yang dilakukan, memang di dalam penggeledahan memang ada yang ditemukan narkoba. Memang itu penemuan narkoba yang harus ditindaklanjuti itu benar. Yang tidak benar-benar adalah perbuatan yang eksessif untuk ditanyakan, apa saja jaringan di dalam untuk melakukan penganiayaan. yang menimbulkan emosional mendalam", jelas Menkumham.

Kepala Lapas Narkotika Klas III Langkat, Buchori Sitepu, dicopot dari jabatannya digantikanbtugasnya oleh M Tavip sebagai pelaksana harian, yang sebelumnya sebagai Kalot Narkoba Langkat.(Belly)
Komentar

Berita Terkini