Bupati Langkat : Mari Kita Sematkan Pada HKN Kali Ini, Bangkit Untuk Bersatu


harianfikiransumut.com : harianfikiran Langkat Terbit Rencana PA memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (HKN) ke 111, di Alun – Alun T Amir Hamzah Stabat, Langkat, Senin (20/5/2019).

Bupati pada amanatnya, menyampaikan pidato sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, bahwa peringatan HKN  kali ini,  sangat relevan  jika dimaknai dengan teks sumpah palapa Mahapati Gajah Mada,  sebab sumpah palapa merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia.

Wilayah nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi  acuan, bagi perjuangan berat para pahlawan nasional, untuk mengikatkan wilayah Indonesia.

“Sebab inti dari sumpah palapa adalah Maha Pati tidak akan menghentikan mati raga atau puasanya sebelum mempersatukan nusantara,”sebutnya.

Selain itu, sambung Bupati,  peringatan HKN kali ini juga dilangsungkan dalam  suasana ramadhan,  bagi umat muslim  bulan suci ini menuntun  untuk mengejar pahala, dengan meninggalkan perbuatan yang dilarang agama, seperti  permusuhan dan kebencian termasuk meyebar kebohongan dan fitnah.

“Agar  pada ujung bulan ramadhan nanti, kita bisa seperti Maha Patih Gajah Mada, mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali fitri dengan saudara-saudara disekitar,”pungkasnya.

Untuk itu,kata Bupati,  mari semuanya yang berada dalam situasi pasca pesta demokrasi (Pemilu)  yang telah menguras energi dan emosi  sebagian besar masayarakat, dengan mengaspirasikan  pilihan berbeda – beda yang diniatkan kesemuanya untuk kebaikan bangsa . Maka tidak  ada maslahatnya jika dipertajam  dan justru mengoyak persatuan sosial kita.

“Mari bersama – sama menunggu secara tertib ketetapan penghitungan suara resmi, yang akan diumumkan oleh lembaga (KPU) yang ditunjuk oleh UU dalam waktu yang tak lama lagi. Peringatan HKN ini, mari kita sematkan tema “Bangkit Untuk Bersatu”,ajaknya,

Sebagai komandan upacara Pama Yonif Raider/PS  Kapten Inf Supriadi, Perwira upacara Pasi Op Kodim 0203/Lkt Kapten Inf Imran Hamdani, pembaca pembukaan UUD negara RI 1945 staf Dispora Langkat Johanuddin, pembawa acara staf protocol Pemkab Langkat, pengibar bendera merah putih oleh Purna Paskibra Langkat, panduan suara Korpri Pemkab Langkat, gendering sangkakala oleh Korsik Kodim 0203/Lkt, dan pembanca doa Kakan Kemenag Langkat.

Turut hadir pada upacara wakil Bupati Langkat Syah Afandin, Sekdakab Langkat dr H Indra Slahudin, ketua DPRD Langkat, unsur Forkopimda Langkat, para pimpinan OPD Pemkab Langkat, para ASN Pemkab Langkat, satuan TNI Polri, para pelajar, para Veteran, Ormas dan OKP Langkat, serta hadirin undangan lainnya.(Belly)
Komentar

Berita Terkini