|

KPU Palas Laksanakan Acara Pemilu Run, Di Hadiri 434 Peserta.

harianfikiransumut.com - Palas : Komisi Pemilihan Umum Padang Lawas (KPU Palas) mengadakan Pemilu RUN 3K Minggu  7/4/2019).selama 2 jam,dimulai dari pukul 9.00 wib sampai dengan pukul 11.00 wib, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas melaksanakan Pemilu Run 2019 dengan Tema ” Satu tujuan melangkah bersama", Lapangan MTQ Kec Lubuk Barumun  Kabupaten Padang Lawas. adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan partisipasi dari peserta pemilu di 17 April 2019 nanti.

Acara Pemilu RUN 3K  terpadu dihadiri 434 peserta yang terdiri dari 250 pria dan 184 wanita, Sekda Kab Palas, Ketua dan Jajaran KPU dan anggota Bawaslu Palas, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Fokopimda) dalam hal ini hadiri Perwira Penghubung (Pabung) Kodim dan Kapolres Tapsel yang dihadiri Kapolsek Barumun, Asisten Pimpinan OPD, Camat Lubuk, Insan Pers, Seluruh Tamu Undangan para peserta lomba pemilu run, masyarakat yang mau terlibat dan Peserta KPU Run 3 Kilo meter.Pemilu Run 2019 serentak di seluruh Indonesia karna ini merupakan program pusat dalam pelaksanaan Pemilu RUN 3K.

Pantauan Media ini di lapangan MTQ Lubuk Barumun, para peserta Run 3K KPU dibagi menjadi dua yakni Run 3K Putra dilepas langsung oleh Ketua KPU sedang Run 3K Putri dilepas oleh Sekda Palas. Kapolres Tapsel yang diwakili Kapolsek Barumun AKP Sudirman SH dalam sambutanya mengatakan, “Saya sangat terkesan sekali melihat antusias kaum ibu-ibu yang juga hadir mengikuti perlombaan ini, semangat ”.ungkapnya memberi suport kepada kaum ibu yang juga ikut dalam lomba KPU Run.

Tambahnya,”Semoga dalam pelaksanaan Run 3 Kilo yang berlangsung tertib tanpa hambatan ini minimal 80% para pemilih nantinya bisa hadir bersama-sama melaksanakan pesta demokrasi pada Rabu 17 April 2019 dengan penuh suka cita. Pilihan boleh berbeda, tetapi kita tetap bersatupadu, semangat kebangsaan Rakyat Indonesia harus kita tampilkan pada pesta demokrasi Pemilu 17 April yang tingggal 10 hari lagi”.Sebelumnya kami mohon maaf, seyogyanya Pak Kapolres yang hadir disinin.

Namun hari ini ada 2 titik kegiatan bersamaan, yang pertama disini Run 3 Kilo dan yang kedua di lapangan merdeka kegiatan gerak jalan, kegiatannya hampir sama, namun melihat urgensinya sepertinya ada disana maka Pak Kapolres lebih fokus disana tapi sebenarnya niat hati beliau sangat besar disini”, Ungkap Kapolsek Barumun.


Hal senada juga di ungkapkan oleh Sekda Kab Palas, Arpan Nasution SSos dalam sambutanya mengatakan, “Kami atas nama Pemkab Palas sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Run 3 Kilo, apalagi melihat antusias kaum ibu-ibu yang barangkali secara usia sudah lanjud tetapi sangat bersemangat mengikuti acara ini, panitia mungkin telah mempersiapkan dengan matang, baik berupa hadiah uang tunai maupun dooprice, tentu ini menjadi suatu motifasi kepada masyarakat Palas, disamping mensosialikan pelaksanaan pemilu juga sekaligus mengolahragakan masyarakat, seperti kata pepatah dalam tubuh yang sehat terdapat pemikiran yang sehat”.

“Ini merupakan bentuk sosialisasi himbauan untuk melakukan pesta demokrasi, kiranya peserta Run 3 kilo dapat menyampaikan informasi ini kepada saudara kita sehingga semua masyarakat Palas dapat berbondong-bondong bersama menuju TPS memberikan hak suara kita pada pemilu tanggal 17 April nanti secara jujur demokrasi adil dan bebas serta rahasia, disamping itu Indonesia termasuk salah satu negara besar yang di akui secara Internasional melakukan demokrasi secara baik”.

“Dalam kesempatan ini menyempaikan titip salam Bupati kepada kita semua, yang mana sekiranya beliau yang menghadiri kegiatan pemilu Run 3 Kilo KPU palas ini, namun karna beliau masih berada di medan dalam rangkai rapat perhutani provinsi untuk itu diperintahkan kepada kami mewakili beliu pada acara ini”,Ungkap sekda.

Ketua KPU Palas Indra Syahbana SH MH dalam sambutanya yang sekaligus pembukaan Run 3 kilo mengucapkan,” Kegiatan ini adalah kegiatan serentak dilaksanakan seluruh jajaran KPU di Indonesia, mari kita berlari, mari kita bergerak, menuju pemilu 17 April, sesuai kometmen kami memberikan pemilu yang berkwalitas, langsung, umum, bebas dan rahasia”.

“Langsung itu tidak boleh diwakilkan, tidak boleh mencoblos dua kali. Umum maksudnya adalah berlaku kepada semua pemegang hak pilih yang sudah memenuhi syarat tanpa terkecuali. Bebas itu maksudnya tidak boleh kita dalam menentukan pilihan kita merasa tertekan, atau intimidasi, Pak Kapolri melalui kepolisian seluruh indonesia sudah menegaskan, tidak boleh ada intimidasi atau tekanan kepada pemilih, kepolisian akan mengawal, dan jika ada hal tersebut kita bisa konsultasikan terhadap jajaran kepolisian, bersama dengan pihak TNI akan dengan bersama dengan mengawal kita”.

“Rahasia maksudnya tidak boleh dibilang-bilang kepada siapapun siapa yang ada pilih, ketika sudah datang ke TPS, pilih yang menurut anda cocok, yang bisa membangun Indonesia, yang bisa membangun Palas yang menurut anda adalah mampu mensejahterakan rakyat dan seterusnya, tidak boleh kerahasiaan pemilu kita buka, silahkan anda sendiri untuk menyimpan siapa yang anda pilih”.

Ketua KPU Palas Indra Syahbana SH MH juga meminta kerjasama jajaran penyelenggara negara baik Polri dan TNI dalam mengawal pemilu sesuai semboyan KPU, melayani pemilu dengan tulus, senyum dan ikhlas serta mengucapkan apresiasi yang tinggi terhadap pemda Palas yang telah memberikan suport dukungan moril maupun masilitas yang di berikan.

” Apresiasi yang setinggi-tingginya kami ucapkan kepada Pemda Palas yang telah memberikan suport kepada kami, baik itu dukungan moril maupun fasilitas-fasilitas lain, semoga penyelenggaran pemilu nanti berjalan dengan baik”.

Sebelumnya Ketua Panitiana KPU Run pada Pemilu 2019 Kab Palas, yang juga Sekertaris KPU dalam laporannya mengungkapkan, KPU Run 2019 bersumber dari dana Diva APBN KPU Palas tahun 2019 dengan peserta lomba sebanyak 434 orang terdiri dari 250 pria dan 184 wanitat.

Tujuandigelarnya acara untuk menyampaikan informasi sekaligus penyebaran informasi terhadap peserta KPU Run untuk meningkatkan partisipasi pemilih demi suksesnya Pemilu serentak 2019.(Liber Sihotang)
Komentar

Berita Terkini