LANGKAT

OLAHRAGA

DAERAH

Kini, Yonif 114/ SM Resmi Menjadi Batalyon Infanteri Raider Khusus 114/SM

Selasa, 09 April 2019 | 18.17 WIB
Kali Dibaca |

Sebarkan:
harianfikiransumut.com - Bener Meriah : Peresmian Batalyon Raider Khusus 114/SM yang sebelumnya sebagai Yonif 114/SM telah laksanakan upacara peresmian yang di gelar dilapangan Batalyon 114/Satria Musara pada Selasa (9/4/2019).

Dalam prosesi upacara itu, berbagai atraksi menarik yang di tampilkan oleh para personel raider khusus yang telah mengikuti pelatihan di batu jajar Bandung selama tiga bulan penuh itu telah membuahkan hasil yang maksimal.

Pada kesempatan itu, inspektur upacara Danbrigif 25/Siwah Kolonel Inf Asep Sukarna yang bertindak sebagai Komandan Upacara menyampaikan, upacara ini merupakan peristiwa penting dan menjadi catatan tersendiri dalam perkembangan sejarah organisasi Kodam Iskandar Muda.

Betapa tidak, mengingat pada hari ini Batalyon Infanteri 114/Satria Musara secara resmi akan divalidasi dan untuk selanjutnya akan diikuti dengan peresmian Batalyon infanteri raider khusus 114/Satria Musara Brigif 25/Siwah Kodam Iskandar Muda. Bahkan peresmian satuan Raider Khusus ini telah melalui kajian dan evaluasi dari berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi, ditambah dengan tuntutan perkembangan lingkungan strategis yang bergerak sangat cepat dan pesat, terangnya.

Dikatakannya, aspek yang mempengaruhi itu antara lain kondisi geografis wilayah Kodam Iskandar Muda yang sangat luas memiliki lautan luas dan terbuka dan berbatasan langsung dengan beberapa Negara Asia seperti Malaysia, Thailand, Burma, India, serta terdapat pulau-pulau kecil yang satu sama lain tersebar dalam jarak yang sangat jauh pertimbangan penting terhadap aspek yang mempengaruhi itu, bermuara pada gelar kekuatan yang tangguh dan handal dalam konteks pertahanan darat wilayah Aceh.

Kini, Batalyon Raider sebagai satuan pemukul Brigif 25/Siwah Kodam Iskandar Muda, yang mempunyai pelaksanaan tugas khusus tempur atau tugas non tempur yang diberikan sesuai dengan kebijakan pimpinan TNI-AD.

"Tugas pokok untuk satuan Raider khusus memiliki kemampuan melaksanakan operasi mobile udara, kemampuan itu adalah untuk menjawab tantangan kondisi geografis Aceh yang sedemikian luas," ujar Danbrigif 25/Siwah Kolonel Inf Asep Sukarna.

Lebih lanjut di sampaikannya, dalam pelaksanaan tugas sebagai pasukan Raider khusus, yang memiliki kemampuan operasi Militer Perang. Namun menariknya, operasi yang dilakukan oleh sejumlah pasukan Raider khusus dalam kelompok kecil, mampu dapat bergerak secara senyap dan cepat yang dapat meberikan pukulan-pukulan strategis kepada pihak musuh atau lawan yang mengganggu stabilitas keamanan yang merongrong kedaulatan negara kesatuan republik indonesia, terang Danbrigif Kolonel Asep.

Bahkan sebaliknya diluar konteks militer perang, pasukan Raider juga dapat melakukan tugas operasi kemanuasiaan termasuk membantu korban bencana alam didaerah terpencil, pun demikian prajurit Raider mempunyai semboyan "Cepat Senyap Tepat ".

Sementara itu, Danbrigif 25/Siwah Kolonel Inf Asep Sukarna berharap, agar Yonif Raider Khusus 114/Satria Musara dapat mengupayakan setiap pemikiran, baik sikap maupun tindakan prajurit, yang senantiasa dilandasi oleh mantapnya keimanan dan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa.

"Peresmian Yonif Raider Khusus 114/Satria Musara ini, diharapkan dapat menumbuh kembangkan semangat disiplin prajurit, meningkatkan kepekaan dan rasa kepedulian ditengah masyarakat, serta menumbuh suburkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, guna menangkal upaya memecah belah sesama TNI maupun kemanunggalan TNI-Rakyat," harapnya.

Selanjutnya, usai upacara peresmian tersebut, Danbrigif 25/Siwah Kolonel Inf Asep Sukarna, yang di damping Danyonif 114/SM Letkol Inf Valyan Tatyunis, menyantuni anak yatim-piatu dari beberapa Sekolah Dasar yang ada di wilayah Kecamatan Wih Pesam.

Pada sesi kegiatan upacara peresmian tersebut, Wadan Yonif RK 114/SM Mayor Inf Seto Purnomo dan Pasi Pers Yonif RK 114/SM Kapten Inf Buriadi selaku perwira upacara.

Dikesempatan itu turut hadir juga Kapolres Bener Meriah yang diwakili oleh Kabag Sunda Kompol Ediaksa S.Sos, Danyonif 114/SM Letkol Inf Valyan Tatyunis, Dandim 0106 /AT-BM yang di wakili oleh Pabung Kodim 0106/Ateng-BM Mayor Kav Ridwan Sulaiman, Kapolres Aceh Tengah yang diwakili oleh Kasat Binmas AKP Suwarno. S.Sos, Ketua Pengadilan Negeri Bener Meriah yang diwakili oleh Mahendra Semara Purnamajati, SH, MH, Anggota DPRK Bener Meriah dari Partai Gerindra yani Anwar,
Danyon 111 Kuala Simpang Letkol inf Guruh, Danyon 113 Bireuen Letkol inf Yudi Hendro,
Sekda Aceh Tengah Karimansyah, SE.MM, Asisten Satu Setdakab Bener Meriah Drs Muklis, Asisten Dua Setdakab.

Bener Meriah Abdul Muis, SE.MT, Kepala LPP RRI Takengon Agung Prasatya Umar, Dansubdenpom IM/1-5 Takengon Kapten Cpm Markasan, S.H, Danki Brimob Ki 3 Yon B Por yakni Iptu M. Ihcsan Satianul Asba, Pimpinan Bank Mandiri Cabang Bener Meriah, dan Pimpinan Bank Aceh Cabang Bener Meriah Fajar Rajasyah, serta Ketua Perbakin Bener Meriah Ir. Mahmudin, Para Danramil Kodim 0106/Ateng wilayah Kabupaten Bener Meriah, dan juga Para Kepala SKPK Pemda Bener Meriah, serta Ketua PETA Bener Meriah Radinal Sagita. (Dasa)

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru