|

Jalan Rusak Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Harapkan Perhatian Pemerintah.

harianfikiransumut.com - Paluta : Kondisi jalan provinsi sumatera utara (sumut) yang ada dikecamatan Dolok, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), masih tergolong jauh dari perhatian pemerintah, hal itu terbukti saat melihat kondisi jalan yang menghubungkan antara kecamatan Dolok, Kabupaten Paluta menuju Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) masih sangat memperihatinkan dan rawan kecelakaan.

Masyarakat sekitar sangat mengharapakan perhatian dari pemerintah agar kondisi jalan yang rusak parah itu segera dilakukan perbaikan mengingat hal itu bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Salah seorang tokoh masyarakat Kecamatan Dolok, Zulkipli Dongoran , mengaku sangat mengeluhkan kondisi jalan yang rusak itu, " selaku masyarakat, kami sangat mengeluhkan kondisi jalan rusak yang tak kunjung mendapat perhatian itu, berbagai upaya telah kami lakukan seperti penimbunan untuk memperbaiki jalan tersebut namun hal itu tak bertahan lama akibat guyuran hujan " ungkapnya kepada wartawan, Minggu, 7/4.

Masih kata zulkipli, Perbaikan yang bisa dilakukan oleh masyarakat hanya sebatas penimbunan, sehingga jika diguyur hujan akan berlobang kembali, oleh karena itu kami sangat mengharapkan perhatian pemerintah supaya dilakukan perbaikan permanen seperti pengaspalan terhadap jalan itu " ungkapnya lagi yang diaminkan oleh masyarakat saat itu.

Kerusakan tersebut terlihat di sepanjang jalan sehingga mesyarakat yang melintas harus ekstra hati-hati agar tidak terjadi kecelakaan terhadap pengendara, selai itu, mengingat akses jalan tersebut jarak antar desa sangat jauh sehingga dibutuhkan penerangan jalan umum, hal itu bertujuan untuk menerangi jalan saat masyarakat melintas pada malam hari.

Dikatakan Zulkipli, penerobosan jalan tersebut dilakukan pada masa jabatan Gubernur Raja Inal Siregar, sekitar tahun 90-an, menurutnya sejak saat itu sampai tahun 2019 belum pernah mendapat perbaikan.

" kondisi jalan rusak seperti itu, sangat angker bila dilalui pada malam hari, oleh karena itu fasilitas lampu penerangan jalan umum sangat dibutuhkan agar tidak terjadi kecelakaan pada pengendara yang melintasi jalan itu " ungkap Zulkipli.

Zulkipli bersama masyarakat sekitar  berharap kepada Pemerintah Pro­vinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melalui UPT. Dinas Bina Marga dan Bina Kontrusi Provinsi Su­mut yang beralamat dikota Gunungtua, Kecamatan Padang Bolak harus tanggap dan lebih peduli ter­hadap kerusakan infrastruktur jalan khususnya di wilayah Dolok dan seki­tarnya dimana hampir seluruh jalan di kawasan itu rusak dan butuh perbaikan. (is/red)
Komentar

Berita Terkini