|

Bupati Siak Membuka Kegiatan Tabligh Akbar Jelang Ramadhan

harianfikiransumut.com - Siak ; Bupati Siak Alfedri membuka pelaksanaan Tabligh Akbar menjelang memasuki bulan Ramadhan 1440 H, di Masjid Sultan Syarif Hasyim, Jum'at (26/4). Turut hadir para Asisten, Kepala Kantor Kemenag, Ketua MUI, sejumlah pimpinan OPD, dan para ASN, Honorer serta para pelajar SMA. 

          Diawal sambutannya Bupati Alfedri menyampaikan rasa kecewanya karena tingkat kehadiran aparatur Sipil Negara (ASN) dan honorer di setiap acara pengajian rutin bulanan dan senam pagi bersama sangat rendah."Padahal kita mengajak untuk kebaikan  mereka sendiri, ya supaya sehat lahir dan batinnya" kata Alfedri

       Oleh karena itu ia mengimbau kepada pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) secara berjenjang untuk menindaklanjuti para stafnya yang tidak hadir. 

        Selain itu Alfedri mengajak kepada seluruh jamaah yang hadir agar mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, baik lahir maupun bathin, sehingga bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik. “Mari kita persiapkan diri dan kuatkan niat untuk memperbaiki kualitas iman dari pada tahun sebelumnya" imbuhnya. 

      Ustadz H Marhalen dari Pekanbaru dalam tausiahnya mengajak kaum muslimin untuk menjaga kesehatan dan kekuatan iman dalam menyambut bulan Ramadhan. 

      Sesuai dengan tema tabligh akbar ini  kata Marhalen, sucikan hati dan bersihkan jiwa dengan penuh keikhlasan. Yaitu dengan cara saling bermaafan dengan orang tua, kerabat, tetangga dan sesama muslim lainnya. 

     Disampaikannya, untuk melatih diri sebelum berpuasa penuh di bulan ramadhan, umat muslim dianjurkan untuk puasa sunnah di bulan Sya'ban. "Puasa di bulan Sya’ban adalah sebagai latihan atau pemanasan sebelum memasuki bulan Ramadhan. Jika sudah terbiasa berpuasa tentu kita akan lebih kuat dan lebih bersemangat untuk melakukan puasa wajib di bulan Ramadhan" kata Marhalen. 

Tabligh Akbar tersebut ditutup dengan doa dan mengangkat tema 'mari kita sucikan hati, bersihkan jiwa dengan penuh keikhlasan untuk memperbanyak amal ibadah dibulan suci ini'.(Amir/Duliater/rls)
Komentar

Berita Terkini