Bupati Berikan Apresiasi, Jaksa Garda Desa

harianfikiransumut.com - Langkat : Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Sekdakab Langkat dr H Indra Salahuddin Mkes MM,  membuka acara sosialisasi pencanangan Jaksa Garda Desa Kabupaten Langkat tahun 2019.

Sosialisasi digelar oleh  Kejaksan Negri Langkat bekerjasama dengan Dinas PMD Langkat, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat,  Senin (15/4/2019).

Sekda pada sambutannya,  menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini, serta berharap seluruh Kades dapat mengikuti momen penting ini dengan sebaik - baiknya.

"Agar dapat menjadi pedoman dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Desa, " sebutnya.

Sekda juga mengatakan upaya pencegahan pengawasan dana penanganan permasalahan DD maupun ADD,  perlu dilakukan secara intensif agar tingkat akuntabilitas pengelolaan keuangan Desa semakin tinggi.

Untuk itu, Sekda meminta agar dokumen perencanaan yang berkenaan dengan pelaksanaan anggaran (APB DESA),  disusun dan dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

"Sebagai pengendalian dini dalam pengelolaan keuangan di masing-masing Desa,"katanya.

Selanjutnya Sekda menerangkan, saat ini prioritas utama pemerintah terkait Dana  Desa,  untuk peningkatan penyaluran DD mulai dari KPPN sampai ke Rekening Kas Desa (RKD)  dan menekan tingkat kebocoran atau penyalahgunaan DD.

"Oleh karena itu,  saya minta kepada OPD terkait maupun kecamatan, agar meningkatkan fasilitasinya kepada Desa,  terutama yang berkenaan dengan penyiapan dokumen - dokumen dalam penyaluran DD sesuai tahapanya dalam peraturan UU," terangnya.

Kajari Langkat, Wahyu Syah Brudin SIP SH MH, menjelaskan,  Jaksa Garda Desa bukan bentuk interfensi  terkait pengelolaan DD,  namun andil memberikan kontribusi  kepada Desa,  agar tersalurkan dengan baik dan  benar.

"Kegiatan ini tindak lanjut dari MoU Kementerian Desa  dengan Kejaksaan Agung, yang sudah terlaksana pada maret tahun 2018 lalu di Jakarta, " sebutnya.

Untuk sosialisasi,  kata Kajari, tentang pengawalan, penyaluran dan pemanfaatan DD di Medan,  telah dilaksanakan oleh Jaksa Agung  Intelijen dengan pejabat Kementerian Desa pada Maret 2019.

"Sedangkan secara umum, acara sosialisasi ini telah dilaksanakan dibeberapa Kabupaten di Sumut," ujarnya.

Nara sumber, Ibrahim Ali SH MH, selaku Kasi Intel Kajari Langkat,  mengatakan, Kementerian Desa berharap kepada Kejagun beserta jajaran melalui tupoksi bidang intelijen dapat mengawal pemanfaatan dan penyaluran DD,  di wilayah tugasnya masing-masing.

"Sebab pemerintah sangat berharap, pengalokasian DD maupun ADD disalurkan secara benar,  agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa," terangnya.

Turut hadir para Asisten dan Staf Ahli Bupati para kepala OPD Pemkab Langkat terkait, plt Kadis PMD Langkat Musti SE MSi,  Sekdis PMD Langkat Ir M Mirza, Kabid Pemerintahan Desa Misliadi SE, para Kades se Langkat, serta hadirin lainnya. (Belly)
Komentar

Berita Terkini