|

Berbuntut Rasa Kecewa, Kantor Bupati Aceh Tamiang di Demo Mahasiswa.

HARIANFIKIRANSUMUT.COM - Aceh Tamiang : Puluhan Mahasiswa yangytergabung dalam Aliansi Mahasiswa Aceh Tamiang lakukan unjuk Rasa dihalaman Kantor Bupati Aceh Tamiang terkait belum adanya kejelasan anggaran beasiswa bagi Mahasiswa yang beprestasi serta kurang mampu, (21/04/2019). 

Dalam orasinya, Andre Pratama Koordinator Aksi, menyampaikan bahwa unjuk rasa yang dilakukan hari ini berbuntut dari rasa kekecewaan para mahasiswa terkait proses beasiswa sementara seluruh syarat pengajuan Beasiswa tersebut sudah dipenuhi dan disertai dengan penanda tanganan surat pernyataan, jelasnya.

Sementara itu, Andre Pratama dalam tuntutannya dihadapan Bupati Aceh Tamiang menuntut agar Bupati Aceh Tamiang dapat menandatangani 3 petisi yakni untuk merealisasikan bantuan Beasiswa Prestasi dan kurang mampu dan menuntut agar seluruh mahasiswa yang sudah mendaftarkan beasiswa dan dinyatakan lulus serta wajib dikeluarkan seluruh dananya, tuntutnya.

Dalam menanggapi hal tersebut, Bupati Aceh Tamiang H.Mursil, SH MKn, didampingi Wakil Bupati T Insyafuddin ST, Ketua DPRK Aceh Tamiang Fadlon SH, Kapolres Aceh Tamiang AKBP. Zulhir Destrian, SIK, MH, menyampaikan bahwa Beasiswa tersebut memang sudah di anggarkan pada APBK-Perubahan tahun 2018 lalu, berhubung tidak adanya anggaran perubahan,  sehingga anggaran tersebut dialihkan ke APBK tahun 2019, sebutnya.

Terkait jumlah penerima beasiswa Prestasi dan Kurang Mampu, Bupati pastikan jumlah penerima sesuai yang terdata di dalam Basis Data Terpadu (BDT) dengan jumlah mahasiswa yang menerima beasiswa prestasi sebanyak 704 orang sedangkan untuk beasiswa kurang mampu sebanyak 194 orang, kata Bupati.
Selain itu, sebanyak 435 mahasiswa yang belum masuk BDT, belum dapat dicairkan, mengenai jadwal pencairan beasiswa, bupati belum dapat memastikannya sesuai dengan apa yang menjadi tuntutan para mahasiswa, dipastikan pada tanggal 29 April 2019 mendatang, mahasiswa yang masuk dalam BDT akan menandatangani Fakta integritas dan kwitansi untuk pengamprahan, dan untuk mahasiswa yang tidak masuk dalam daftar BDT, akan kita rapatkan dulu bersama unsur Forkopimda, imbuhnya.

Ditempat terpisah, Kabag Humas Agusliana Devita,SSTP saat di konfirmasi diruang kerjanya menyampaikan Bahwa isue tentang bupati tidak bersedia dan belum pernah menemui para mahasiswa adalah tidak benar, Sebelumnya pada tanggal 8 April 2019 lalu, Bupati Aceh Tamiang telah menemuinya dan sudah ada kesepakatan akan menanda tangani kwitansi dan pakta integritas di tanggal 29 April 2019 nanti, terangnya.

Orasi tersebut, berjalan dengan tertib dan aman disertai dengan pengamanan oleh personil Polres Aceh Tamiang, (pakar).
Komentar

Berita Terkini