Akibat Di Guyur Deras Sungai Manunggang Meluap, Dek Penahan Jebol.

harianfikiransumut.com - Padang Sidimpuan : Meluapnya aliran Sungai Manunggang di Desa Labuhan Rasoki Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara mengakibatkan dek penahan sungai jebol dan dapur Rumah Warga hanyut, mendapat informasi tersebut Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Padangsidimpuan (BNPD) Rabu (10/4) langsung meninjau lokasi banjir dan merinci kerusakan akibat meluapnya sungai manungang.

Kepala BPBD kota Padangsidimpuan,Ir. Ali Ibrahim Dalimunthe melalui Kasi Bagian Rehabilitasi dan Rekontruksi (RR) Juni Leliati Siregar saat ditemui dilokasi kejadian menjelaskan, sekira pukul 18.00Wib (9/4) hujan mengguyur kawasan ini, yang mengakibatkan aliran sungai manunggang meluap mengakibatkan Dek Penahan sungai jebol dan dapur rumah milik warga hanyut.


Sementara di sekitar hulu sungai tepatnya di dekat bangunan Bak utama Reservoir PDAM Kota Padangsidimpuan terjadi longsor dan merobohkan pepohonan dan meruntuhkan bebatuan hingga bertumpuk menghambat aliran sungai.

Pantauan wartawan memang tidak ada korban jiwa, hanya Dek penahan sungai yang jebol serta ada dapur rumah warga yang hanyut.

Selain diakibatkan curah hujan yang deras, pihak BPBD Kota Padangsidimpuan juga menduga penyebab kejadian banjir bandang tersebut dikarenakan adanya penebangan kayu sembarangan di sekitaran lokasi hulu sungai.

” Kita akan berkordinasi dengan pimpinan agar secepatnya segera melakukan pembersihan karena dikhawatirkan tumpukan kayu dan bebatuan tersebut bila sempat hanyut bakal menghantam pemukiman warga mengingat kondisi cuaca lagi musim penghujan jawab Juni Leliati Siregar.

Salah seorang kepala keluarga , warga sekitar pemukiman saat diminta wartawan tanggapannya menyampaikan sangat menghawatirkan situasi meluapnya sungai manunggang tersebut.

Rasa trauma masih menyelimuti keluarganya karena kejadian serupa sebelumnya pernah terjadi yakni sekitar 9 tahun lalu dimana banjir telah pernah menghantam sebagian tempat tinggalnya.

Guswin yang didampingi istrinya dan anak perempuannya kepada wartawan juga menyampaikan sangat mengharapkan pihak Pemko Padangsidimpuan dapat mencarikan solusi untuk menangani banjir di kawasan ini.(AH)
Komentar

Berita Terkini