|

Wabup H.Zardewan Hadiri Penanaman Perdana Sawit PT.SAR

harianfikiransumut.com - Pangkalan Kerinci : Wakil Bupati Pelalawan H.Zardewan menghadiri penanaman perdana kelapa sawit di Desa Kiyap Jaya Kecamatan Bandar Sei Kijang Kabupaten Pelalawan Propinsi Riau. Rabu ( 20/03).

PT.Musim Mas melalui anak perusahaannya yakni PT.Sinar Agro Raya ( SAR ) melakukan penanaman perdana kebun kemitraan kas desa seluas 5 hektar. Hal ini merupakan komitmen PT Musim Mas untuk meningkatkan kesejahteraan desa serta memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar perusahaan.
Manajer Humas PT.Musim Mas Ibrahim saat memberikan sambutan  mengatakan bahwa program ini merupakan aksi keberlanjutan dari hasil kemitraan dengan Millenium Challenge Account – Indonesia( MCA-I)
“ Tahun 2015 PT SAR sedang melaksanakan pembangunan proyek Biogas Plant dengan memanfaatkan Palm Oil Mill Effluent ( POME ) yakni limbah cair yang dihasilkan pabrik kelapa sawit. POME inilah yang digunakan untuk menghasilkan energi listrik. Dengan adanya proyek ini kami dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan secara tidak langsung membantu pendistribusian elektrifikasi di Indonesia. Hal ini sejalan dengan kebijakan yang berkelanjutan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan.”Ucap Ibrahim.

Proyek biogas plant saat ini telah beroperasi, melalui proyek inilah diharapkan lahirnya program Kebun Kemitraan Kas Desa Kiyap Jaya. Pemberian kebun seluas lima hektar ini di peroleh dari pembiayaan yang berasal dari sebagian keuntungan bersih penjualan listrik Biogas Plant kepada PT PLN Persero.”Jelas Ibrahim.

Ia menambahkan kebun Kemitraan Kas Desa Kiyap Jaya yang dibangun akan menjadi aset desa sehingga desa memiliki dana yang berkelanjutan dari hasil produksi kebun. Tidak hanya itu, diharapkan kas desa yang dihasilkan dari kebun kemitraan ini bisa dimanfaatkan untuk memberikan nilai tambah kepada masyarakat seperti pelatihan yang dibutuhkan oleh masyarakat desa,para pemuda,petani maupun ibu ibu setempat atau kebutuhan desa lainnya,”Sambung Ibrahim.

Sementara itu Wabup H.Zardewan menyambut baik  di laksanakannya kegiatan penanaman ini karena memberikan sumbangan yang bermanfaat bagi Desa Kiyap Jaya pada masa yang akan datang.PT SAR telah memberikan bantuan kepada masyarakat kita dari lahan,bibit dan sampai menghasilkan nantinya dalam masa penanaman 6 dan 7 tahun kedepan.

 Mantan Sekda ini berharap nantinya desa lain bisa melakukan hal yang sama dengan bekerjasama dengan perusahaan yang beroperasi di desanya masing-masing, selain itu juga pentingnya transparansi dalam menggunakan dana desa khususnya di Desa Kiyap Jaya ini.”Tutup Zardewan.
Hadir dalam kesempatan tersebut Staff Ahli Bupati dr.Endid Pratiknyo, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pelalawan, Manajer Humas PT.Musim Mas Ibrahim ,Camat Bandar Sei Kijang Wazarman, Senior Manager PT Sinar Agro Raya ( SAR), Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD ), Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa ( LKMD ), dan Masyarakat Desa Kiyap Jaya Bandar Sei Kijang, (danasipay)
Komentar

Berita Terkini