LANGKAT

OLAHRAGA

DAERAH

Tinjau Sekat Kanal Gambut, Deputi Litbang BRG ke Sungai Pakning

Jumat, 08 Maret 2019 | 19.39 WIB
Kali Dibaca |

Sebarkan:
harianfikiransumut.com - BENGKALIS : Deputi Bidang Penilitian dan Pengembangan
Badan Restorasi Gambut (Litbang BRG) Haris Gunawan, Jumat, 8 Maret 2019 ke Kelurahan Sungai Pakning, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis.

Kedatangan Haris dalam rangka meninjau sekat kanal gambut yang dibangun sejak tahun 2015 lalu.

Kedatangan Deputi Bidang Litbang BRG, disambut Lurah Sungai Pakning, Risky Afriandy, Babinkamtibmas Roynaldi, Ketua Pengurus Arboretrum Gambut, Sadikin dan pengurus Kelompok Tani Tunas Makmur.

Haris mengatakan kehadirannya
ke Sungai Pakning, untuk melihat dari dekat mafaat pembuatan kanal sekat gambut yang dibuat pada tahun 2015.

“Alhamdulillah,
hasilnya sampai detik ini masih berfungsi. Walaupun kondisi saat ini musim kemarau, namun bisa mengurangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),” jelasnya.

Hal ini disebabkan
imbuh Haris, meskipun musim kemarau yang sudah berlangsung hampir dua bulan, tetap masih bisa membasahi pertemukaan lahan gambut, sehingga mampu mencegah Karhutla.

Kepada masyarakat, Haris menghimbau agar tetap menjaga lingkungan dan mempertahankan metode pembuatan sekat kanal gambut. “Hasilnya telah terbukti. selama musim kemarau yang terjadi kebakaran,” ulangnya.

Di bagian lain, khususnya pengurus
Arboretrum Gambut, Haris berpesan agar mengelola arboretrum gambut dengan baik. Karena mempunyai dampak positif dan besar bagi lingkungan.

Mengingat, arboretum gambut
merupakan merupakan program Corporate Social Responsibility (CRS) PT Pertamina wilayah di Kampung Jawa Kelurahan Sungai Pakning, sebagai area konservasi dan eduwisata lahan gambut.

Saat ini, arboretum gambut
di Kelurahan Sungai Pakning Bengkalis sebagai destinasi wisata alam satu-satunya di Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau.

Untuk diketahui, lahan gambut memiliki peran penting dalam
mendukung ekosistem. Dalam konteks perubahan iklim, misalnya, gambut merupakan penyimpan karbon terbesar. Tetapi di sisi lain, gambut juga rapuh dan mudah sekali rusak jika dialihfungsikan

Sementara itu, Lurah Sungai
Pakning, Risky Afriandi, menyambut baik kehadiran Deputi Bidang LItbang BRG, ke daerahnya. Kehadirannya member semangat bagi masyarakat dalam menjaga lingkungan, agar terhindar dari karhutla, (Uje/lubis/Duliater)

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru