Sijago Merah Beraksi, Bangunan Pembuatan Arang Ludes Terbakar


harianfikiransumut.com- Tebing Tinggi: Bangunan home industri (usaha rumahan), pembuatan arang, di Jalan Letda Sujono, Lingkungan I, Kelurahan Teluk Karang, Kecamatan Bajenis, Kota Tebingtinggi, milik Azis (40), ludes terbakar dan nyaris rata dengan tanah, Senin (4/3/2019) siang, sekira pukul 14.30 WIB.       
Kejadian ini membuat panik dan menghebohkan warga  yang tinggal di sekitar lokasi kejadian.


Nek Umah (72), salah seorang warga sekitar, mengatakan, jika siang itu, bangunan tempat pembuatan arang tersebut sedang kosong, sebab pemilik dan para pekerjanya sedang keluar untuk istirahat makan siang.

“Tempat pembakaran arang itu sedang kosong, sebab pemiliknya memang tidak tinggal disitu dan pekerjanya sedang tidak berada di tempat, karena saat itu sudah jam istirahat. Makanya tidak ada satu orangpun yang berada di lokasi, ketika terjadi kebakaran," ujar Nek Umah.

Diterangkan Nek Umah, yang tinggal tepat di samping lokasi kebakaran, dia adalah orang yang pertama sekali mengetahui terjadinya kebakaran tersebut.

"Kebakaran itu kuketahui, ketika aku sedang berada di dapur rumahku untuk memasak. Saat itu aku melihat ada banyak gumpalan asap hitam yang terlihat keluar dari dalam gudang pembuatan arang milik Azis. Dan begitu kudekati, ternyata api sudah menjalar didinding dan diatap bangunan pembuatan arang itu," imbuhnya.

Nek Umah menduga, jika api berasal dari sisa pembakaran kayu yang akan dijadikan arang.

Melihat bangunan itu tengah terbakar, Nek Umah berlari ke depan rumah dan berteriak meminta tolong kepada warga sekitar, yang kemudian berbondong- bondong mendatangi lokasi dan berupaya memadamkan api, agar tidak sampai menjalar ke pemukiman warga lainnya.

Dan warga menghubungi petugas pemadam kebakaran (Damkar).

Api akhirnya dapat dipadamkan satu jam kemudian, setelah tiga unit mobil pemadam kebakaran milik Pemko Tebingtinggi, dibantu warga memadamkan api.

Belum satupun petugas kepolisian, baik dari Polsek Rambutan dan Polres Tebingtinggi yang tiba dilokasi kebakaran. Dan akibat kejadian ini, korban diduga mengalami kerugian hingga belasan juta rupiah.(Nzl)
Komentar

Berita Terkini