LANGKAT

OLAHRAGA

DAERAH

Cegah Virus DBD, Dinkes Pekanbaru Telah Lakukan 60 Kali Foging

Minggu, 10 Maret 2019 | 19.21 WIB
Kali Dibaca |

Sebarkan:
harianfikiransumut.com - Pekan Baru : Sepanjang 2019 Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Maisel menyatakan bahwa ini pihaknya telah melakukan 60 Kali Foging di seluruh kecamatan se-kota Pekanbaru.

Tujuannya untuk menekan perkembangan nyamuk yang menularkan virus Demam Berdarah Dengue (DBD) dan memutus mata rantai pertumbuhan nyamuk tersebut.

"Benar, dari Januari hingga Maret ini secara Maraton kita telah turun ke lapangan untuk melakukan foging. Jumlahnya mencapai 60 Kali," jelas Kabid P2P Dinas Kesehatan, Maisel kepada wartawan.

Dikatakannya, upaya foging ini sebenarnya bukanlah cara yang ampuh untuk mengantisipasi kasus DBD, pasalnya kegiatan foging hanya dapat membunuh nyamuk yang sudah dewasa sementara jentik ya masih berpeluang tumbuh dan berkembang.

"Untuk itu mari menggalakkan kembali kebersihan lingkungan dan prilaku hidup sehatlah sehingga keberadaan nyamuk dan penyebaran DBD bisa dibasmi sampai ke akar-akarnya," jelas Maisel.

Lanjut, Maisel mengatakan berdasarkan data yang dihimpun dari seluruh Puskesmas Sekota Pekanbaru mulai dari Januari hingga minggu pertama Maret tercatat ada 90 warga Pekanbaru yang menderita DBD.
"Jumlah ini patut kita waspadai, pasalnya jika kita lalai dalam hal kebersihan lingkungan bisa jadi DBD menyerang orang terdekat kita. Ayo kita lakukan 3M plus untuk terhindar dari DBD," singkatnya.
(Duliater/rls)

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru