LANGKAT

OLAHRAGA

DAERAH

Bagi remaja usia 17 tahun, pesta demokrasi Pemilihan Umum pada 17 April 2019

Selasa, 19 Maret 2019 | 12.06 WIB
Kali Dibaca |

Sebarkan:
harianfikiransumut .com--Bukit Batu,
 Bagi remaja usia 17 tahun ,pesta demokrasi pemilihan umum pada tgl 17 April 2019 mendatang merupakan pengalaman berharga. Untuk itu, Forum Anak Kecamatan Bukit Batu (Fanbuba) siap menyukseskan perhelatan lima tahun itu.

Untuk menfasilitasi dan menggali informasi tentang Pemilu, pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota, pada Senin pagi 16 Maret 2019, sekitar pukul 10.00 WIB, pengurus Fanbuba mendatangi Panitia Pemiliha Kecamatan (PPK) Bukit Batu.

Sebanyak 4 pengurus Fanbuba yang mendatangi PPK Bukit Batu, Muhammad Hafis (Ketua Fanbuba), Habib Dinyati Al –Pakningi, Welsa Alfiona Putri Yudnovon dan Resty Wulandari, didampingi Rian Aries selaku pembimbing Fanbuba.“Pemilu tahun 2019 ini, pengalaman pertama bagi kami dan teman-teman yang berusia 17 tahun. Makanya kami datang ke PPK untuk berkonsultasi dan bertanya tentang bagaimana menjadi pemilihan yang baik,” ungkap Muhammad Hafis.

Selama kunjungan di PPK Bukit Batu, Hafis dan teman-teman mendapat pencerahan dari pengurus PPK Muhammad Acib.Acib mengajak pemilih pemula untuk berkontribusi positif dalam Pemilu 17 April mendatang. Caranya, bersedia datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan pilihannya.

Kemudian kata Hafis, saat itu Muhammad Acib menasehati, agar pemilihan pemula tidak grogi saat di bilik suara. Diminta untuk memikirkan secara matang siapa yang bakal dipilih.“Tak kalah penting, kami dan kawan-kawan pemilih pemula harus mengikuti tata tertib di TPS. Bahkan pemilih pemula hari berani menolak politik uang dari siapa pun, jangan sampai hanya karena Rp100 ribu, kita menggadaikan hak pilih kita.

Sebab hukumannya, minimal 6 bulan atau 2 tahun bisa menimpa,Para pengurus Fanbuba juga mendapat menjelaskan soal bagaimana cara mengecek daftar pemilih tetap (DPT). Caranya dengan mendownload aplikasi KPU-RI, sehingga mudah melihat para pemilih tetap“Jika umur kita cukup namun belum terdaftar maka harap melapor ke KPUD setempat untuk keterangan lebih lanjut, begitu jelas beliau,” ujar Hafis.Menurut Hafis.

Setelah mendapat pemaparan dari PPK Kecamatan Bukit Batu, dirinya dan pengurus dari Fanbuba mendapat wawasan tentang bagaimana tata cara Pemilu yang baik dan benar. “Selanjutnya kami akan menjelaskan pada teman-teman, pemilihan pemula lainnya,” paparnya, (Uje/Duliater)

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru