Plt Bupati Bener Meriah Dampingi Plt Gubernur Aceh di Palu

harianfikiransumut.com - hari : Plt Bupati Bener Meriah Sarkawi ikut mendampingi Plt Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah hari ini melaksanakan Peletakan Batu Pertama Masjid Jami' Nur Hasanah Aceh di kelurahan Pengawu Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah (13/02/2019).

Acara Peletakan Batu Pertama ini merupakan inisiasi dari Pemerintah dan masyarakat kota Palu yang mengundang Gubernur Aceh untuk melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Jami' Nurhasanah yang hancur akibat gempa dan tsunami yang menimpa Sulteng beberapa bulan lalu.

" suatu kehormatan bagi kami atas kesediaan Plt Gubernur Aceh dan beberapa kepala daerah untuk melakukan peletakan batu pertama Masjid Jami' Nurhasanah Aceh ini, selain itu, sebagai Wujud rasa terima kasih kami kepada Pemerintah dan masyarakat Aceh yang telah memberikan bantuan pembangunan masjid ini, maka kami sematkan nama Aceh yang semula hanya Masjid Jami' Nurhasanah" terang Dr. Hamdan Rawandio, selaku Ketua Panitia Pembangunan Masjid tersebut.

Dihadapan Sekitat 1000 an masyarakat kota palu yang hadir dilokasi, Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyampaikan, bahwa bantuan yang diberikan Pemerintah Aceh ini merupakan sumbangan dari seluruh unsur lapisan masyarakat yaitu dari Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/kota, Perusahaan, Organisasi dan perorangan yang saat ini telah terkumpul sebesar Kurang lebih Rp. 3,3 miliar.

Nova juga menjelaskan bahwa dana ini nantinya seratus persen akan digunakan untuk pembangunan masjid sampai selesai, hal tersebut sesuai dengan perencanaan yang dibuat oleh Dr. Ing. Andri WidyoWidjatnoko,ST, MT, konsultan Masjid Jami' Nurhasanah Aceh.

Usai memberikan sambutan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Plt Bupati Bener Meriah Sarkawi, Wakil Bupati Pidie Fadlullah TM Daud, ST dan  Walikota Sabang Nazarrudin secara bergantian meletakkan batu dan semen ke dalam galian pondasi masjid yang disaksikan Sekretaris Daerah sulteng Drs H. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si beserta seluruh jajaran Pemerintah Sulteng dan kota palu.

Selanjutnya, Gubernur Aceh dan Plt Bupati Bener Meriah beserta rombongan meninjau sejumlah lokasi bencana di palu, antara lain daerah Pemukiman Patobo dan Belarowa yang mengalami dampak paling serius, serta terakhir mengunjungi Masjid Terapung di pinggir pantai palu yang masih berdiri, walaupun bagian dari kaki pondasinya telah hancur di terjang ombak.(asa/red)
Komentar

Berita Terkini