|

Minat Baca, Pengunjung di Perpustakaan Kota P.Sidimpuan Meningkat

harianfikiransumut - P.Sidimpuan : Minat baca Buku di Perpustakaan Kota Padangsidimpuan meningkat sekitar 30 persen, dimana indikatornya diambil dari pertambahan jumlah pengunjung pada tahun 2017 sebanyak 7.520 orang sedangkan untuk tahun 2019 berjumlah 9.816 orang.

Hal tersebut diutarakan Kepala Dinas Perpustakaan Kota Padangsidimpuan, Dra Kastiana Hutabarat, Rabu (6/02/) kepada wartawan di sela – sela kesibukannya bersama staf dalam merapikan serta menginventaris buku – buku diruang perpustakaan.

Walau sebagian besar pengunjung yang datang dari kalangan pelajar dan mahasiswa, namun  kalangan umum juga mewarnai daftar rekapitulasi jumlah pengunjung.

Ketersediaan jenis buku yang ada di perpustakaan termasuk sebagian indikator peningkatan daya minat baca para warga dikota Padangsidimpuan.

Dicontohkan Dra Kastiana Hutabarat, semisal Mahasiswa yang ingin menambah kelengkapan bahan  informasi maupun referensi makalahnya, mereka secara perorangan maupun kelompok berdatangan ke Perpustakaan  Kota Padangsidimpuan untuk melengkapi kebutuhan informasi tersebut.

Upaya yang di buat Dra Kastiana Hutabarat dalam meningkatkan daya minat baca masyarakat Padangsidimpuan khususnya pelajar, diketahui dengan giatnya mensosialisasikan kesekolah tentang keberadaan Perpustakaan Kota Padangsidimpuan serta menjalin kerjasama dengan pihak swasta maupun perorangan untuk melengkapi ketersediaan ragam jenis buku dan judulnya.

Namun Dra Kastiana Hutabarat juga mengakui adanya kendala atas kebutuhan perpustakaan, diantaranya perlu dibuat Taman Bacaan disekitar area perpustakaan untuk lebih menambah kenyamanan dan menciptakan daya pikat pengunjung tersendiri, Mobil perpustakaan, serta pegawai yang khusus membidangi Kepustakaan.

” Memang sudah ada satu orang yang baru tammat anggota kita yang membidangi Perpustakaan, namun  beliau sementara sifatnya masih nembantu karena belum ada kebijakan Pemko dalam penambahan tenaga honor ataupun  apapun lain namanya ujar  Kastiana....Ahmad hakim.
Komentar

Berita Terkini