LANGKAT

OLAHRAGA

DAERAH

Genjot PAD, Pemkab Bener Meriah Tingkatkan Potensi Pariwisata

Senin, 18 Februari 2019 | 23.23 WIB
Kali Dibaca |

Sebarkan:
harianfikiransumut.com -
Bener Meriah : Demi meningkatkannya PAD suatu daerah, tak ayal dimana Pemerintah Daerah Kabupaten Bener Meriah dibawah kepemimpinan Plt. Bupati H. Sarkawi, saat ini tengah galak - galaknya menggenjotan sektor potensi pariwisata. Tahun ini disiapkan anggaran Rp 6 miliar untuk sektor tersebut. Tidak hanya pula, tambahan anggaran sebesar Rp 1 miliar lagi untuk kegiatan Gayo Alas Mountain Internasional Festival (GAMIFest) 2019.


Plt Bupati Bener, Tgk. H. Sarkawi, menjelaskan serangkaian kegiatan yang telah di persiapkan, meliputi dari atraksi budaya, olahraga tradisional, pembangunan infrastruktur.


“Kita sekarang ini akan sangat fokus di sektor pariwisata. Anggaran sudah kita siapkan. Potensi pariwisata Bener Meriah besar, terutama wisata alam dan kopi. Selama ini belum tergarap baik,” kata Plt Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi, Kamis (14/2) malam.


Danau Lut Kucak yang berada di ‘jantung’ Bener Meriah tahun ini juga dibenahi dan dibangun, karena danau kecil itu berada di salah satu puncak bukit, serasa berada di genangan awan," kata Sarkawi.


Lebih lanjut dikatakannya, areal danau kecil itu 10 hektare lebih luasan areal kawasan mencapai 800 hektare. "Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sudah mengeluarkan izin kawasan wisata di sana. Tahun ini kita benahi danau itu, kita lengkapi fasilitas wisatanya," ujarnya.


Danau Lut Kucak (danau laut kecil) lebih kecil dari Danau Laut Tawar Takengon. Hanya saja di Danau Lut Kucak terdapat sumber air panas dan air tawar. "Air panas inilah yang membedakannya dengan Danau Laut Tawar," tambah Sarkawi.


Potensi Bener Meriah lainnya adalah kopi gayo. Selama ini kopi baru jadi komoditas perkebunan dan perdagangan. Pemkab Bener Meriah menginginkan agar kopi juga menjadi komoditas pariwisata, medis, kosmetika, dan ekonomi kreatif. “Wisata kebun kopi kita optimalkan. Masyarakat kita siapkan kesadarannya. Homestay didorong tumbuh,” tuturnya.


Menunjang gerakan sadar wisata itu, kampung-kampung di Bener Meriah ditata dan dihiasai tanaman bunga. “Kita instruksikan desa melakukan pembenahan kampung dan menghiasi kampung dengan tanaman bunga. Nanti kita nilai mana kampung paling bagus," sebut Sarkawi. Tahun ini pergelaran GAMIFest kembali diselenggarakan di kawasan Dataran Tinggi Gayo Alas. Bener Meriah ditetapkan sebagai lokasi pebutupan GAMIfest. Sementara pembukaan dilaksanakan di Gayo Lues.(asa/rel)

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru