Dinas Pertania Labuhanbatu Kerjasama Dengan BPDP-KS dan BNI


harianfikiransumut.com -
Labuhanbatu : Kerjasama antara Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS), Bank Negara Indonesia (BNI) dan Koperasi Maju Lancar Mandiri Labuhanbatu di kantor Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Utara, Rabu (27/2/19).

Perjanjian kerjasama dilakukan untuk pemberian dana hibah dari BPDP-KS untuk Replanting atau penanaman ulang terhadap tanaman kelapa sawit rakyat yang telah berusia tua dan produktivitasnya rendah,.

Melalui BPDP-KS melakukan program Peremajaan Sawit Rakyat di Kabupaten Labuhanbatu Provinsi Sumatera Utara dengan luasan peremajaan perdana atau Pilot Project mencapai sekitar 58 Ha'

Peremajaan Sawit Rakyat  khususnya di  Labuhanbatu  dipelopori oleh koperasi Maju Lancar Mandiri Labuhanbatu yang diketuai oleh Hamdan Siregar mendapat dukungan yang luar biasa dari Pemda Labuhanbatu khususnya Dinas Pertanian Labuhanbatu.

Proses pelengkapan administrasi dan legalitasnya dimulai sejak tahun 2017 setelah melalui rangkaian dinamika yang panjang pada tahun 2019 baru dapat dilakukan penandatanganan resmi untuk replanting perdana.” ungkap Hamdan di lokasi.

“Diharapkan kedepannya petani yang bergabung ke Koperasi Maju Lancar Mandiri (KMLM) Labuhanbatu meningkat sehingga luasan lahan yang dapat ditanam ulang meningkat sesuai dengan target Pemerintah melalui BPDP-KS. Tukas Kadis Pertanian Labuhanbatu.

“Peremajaan Sawit Rakyat merupakan program strategis pemerintah untuk meremajakan perkebunan kelapa Sawit rakyat di seantero Indonesia yang mencapai 2,5 juta Ha yang didukung oleh segenap stakeholder kelapa sawit di Indonesia, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Perusahaan Perkebunan dan Petani-petani Swadaya. Ungkap Kadis Pertanian Agus salam Rintonga

Dengan dilaksanakannya penandatanganan Perjanjian Kerjasama 3 Pihak antara BPDPKS (Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit), Bank BNI dan Koperasi Maju Lancar Mandiri Labuhanbatu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Labuhanbatu mengharapkan kepada Koperasi Maju Lancar Mandiri Labuhanbatu yang menerima bantuan dana PSR (Peremajaan Sawit Rakyat) dapat menggunakannya dengan segera apabila dananya telah ditransfer ke Petani, demi peningkatan pendapatan petani, (M,syarif)
Komentar

Berita Terkini