LANGKAT

OLAHRAGA

DAERAH

Upacara Peringatan HAB Kemenag ke 73 Berlangsung Dengan Khidmat

Jumat, 04 Januari 2019 | 16.12 WIB
Kali Dibaca |

Sebarkan:
harianfikiransumut.com - Langsa : Upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia ke 73 yang dilaksanakan di lapangan merdeka Kota Langsa, Kamis (3/1) pagi berlangsung khitmad.

Upacara diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran, penghormatan umum kepada pembina upacara, laporan pemimpin upacara, pengibaran bendera merah putih, hening cipta.

Dilanjutkan dengan pembacaan teks pancasila, pembacaan UUD 1945, kode etik Kementerian Agama, Korpri dan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia yang dibacakan oleh Wakil Walikota Langsa selaku Pembina upacara.

Wakl Walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM saat membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia meyebutkan, peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama membawa pesan kepada semua masyarakat untuk mewujudkan supremasi nilai-nilai ke Tuhanan dan keagamaan sebagai ruh pembangunan dan kemajuan bangsa.

Dikatakannya, masalah agama adalah masalah yang amat peka yang bila tidak ditangani dengan hati-hati dapat menimbulkan persoalan yang rumit. Oleh sebab itu, Kementerian Agama amat menyadari pentingnya kematangan cara berpikir dan bertindak dalam mengelola urusan keagamaan, menjaga kerukunan beragama serta mendorong pembudayaan moderasi beragama bagi semua warga bangsa.

“Kita bersyukur, dalam beberapa tahun terakhir Kementerian Agama telah meraih sejumlah capaian dalam Reformasi Birokrasi, seperti tercermin antara lain dari kenaikan Penilaian Mandiri Reformasi Birokrasi,”ujarnya.

Lanjutnya, begitu juga indeks kepuasaan publik atas pelayanan keagamaan, seperti pelayanan haji dan pelayanan pencatatan nikah yang terus meningkat. Banyak unit organisasi dan satuan kerja Kementerian Agama sejak 2017 dan 2018 menerapkan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) dan mengembangkan digitalisasi pelayanan publik di bidang keagamaan.

Usai upacara, Marzuki Hamid menyerahkan penghargaan Satya Lencana kepada pegawai Kementerian Agama yang telah memasuki masa kerja 10, 20 dan 30 tahun.

Ditempat yang sama pula, Marzuki menyerahkan piagam penghargaan Walikota Langsa kepada pihak-pihak yang telah menyukseskan acara Indonesia Bertasbih.

Peringatan upacara ditutup dengan doa serta dimeriahkan dengan tarian ratoh jaroe persembahan siswa MIN 2 Langsa dan penampilan drum band dari MI Terpadu Kota Langsa.

Upacara turut dihadiri oleh Ketua DPRK Langsa, Rektor IAIN Langsa, Kasim 0104/Atim Mayor Inf Abdul Muthalib T, perwakilan Polres Langsa, perwakilan Kajari Langsa, Kepala Kantor Kemenag Kota Langsa, sejumlah0 kepala OPD Pemerintah Kota Langsa, dosen, pegawai, mahasiswa dan para pelajar. (Mahmudi)

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru