Tiga Unit Rumah Ludes Dilalap Sijago Merah

Ket. Gambar : - kondisi dan puing-puing tiga rumah srmi permanen yang dilalap sijago merah, Selasa (8/1-2019) dini hari. Foto : Ist

hariansuarareformasi.com - Padang Sidimpuan : Tiga unit rumah yang berada di Jalan HT Rizal Nurdin Km.5 Desa Palopat Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padangsidimpuan ludes terbakar, Selasa (8/1-2019) dini hari.

Tidak ada korban jiwa dalam pe­ristiwa keganasan si jago merah tersebut, namun kerugian yang ditimbulkan diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Nuar (65) pemilik ketiga rumah semi permanen yang terbakar tersebut mengatakan, dirinya bersama istri dan satu anaknya Udayati (30) dan tiganya cucu selamat dari lahapan api tersebut. “Saat kita terbangun, api sudah membesar, Alhamdulillah kita masih bisa keluar walau barang tidak terselamatkan,” ceritanya dengan mimik sedih dan pasrah.

Dua rumah lainnya yang satunya ditempati Ayu Rahayu (30) bersama ketiga anaknya juga ikut dilalap sijago merah. “Alhamdulillah mereka sekeluarga juga berhasil keluar dan selamat,” tambah Nuar.

Nuar memaparkan nahwa keba­karan ini terjadi pagi sekitar pukul 03.30 Win,  dan api diduga berasal dari pembakaran obat anti nyamuk yang saat itu terpasang di ruang tengah rumah.  Masyarakat yang terbangun dan melihat ko­baran api melalap rumah itu langsung berupaya memadamkan api dengan alat seadanya.

Namun upaya itu, tidak berjalan maksimal akibat banyaknya bahan yang mudah terbakar yang ada di dalam rumah, semuanya hangus terbakar.

Pemadam kebakaran yang akhirnya datang juga tidak dapat menyelamatkan ketiga rumah yang sebagian besar berdinding papan itu.

Namun kedatangan mobil kebakaran tersebut bisa mengantisifasi dan mengamankan api hingga tidak melebar ke rumah-rumah warga lainnya.(AH)


Komentar

Berita Terkini