LANGKAT

OLAHRAGA

DAERAH

Sekda Aceh Tamiang Dampingi Kakanwil Kemenag Aceh Tinjau Lahan Hibah

Kamis, 31 Januari 2019 | 00.13 WIB
Kali Dibaca |

Sebarkan:
harianfikiransumut.com - Aceh Tamiang : Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Basyaruddin,SH dampingi Drs. H.M.Pakeh saat peninjauan Lahan yang di hibahkan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang kepada Kementerian Agama Aceh guna untuk pembangunan lembaga Pendidikan Agama disusun Adil Makmur II dikampung Tenggulun Kabupaten Aceh Tamiang, (30/01).

Mengawali Sambutannya, M. Ilham Malik Camat Tenggulun menyampaikan Selamat Datang Kepada Drs. H.M. Pakeh Kepala Kantor Kemenag Provinsi Aceh dan Sekda Aceh Tamiang ke Kecamatan Tenggulun dalam rangka Peninjauan sekaligus Penyerahan Lahan Hibah milik Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang kepada Kementerian Agama Aceh untuk Pembangunan Sarana Pendidikan Agama.

Pembangun sarana Pendidikan Agama saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Tenggulun, mengingat masih tinggi angka pernikahan usia dini dan berpendidikan SMP, ini merupakan nilai positif bagi masyarakat Aceh Tamiang dan Tenggulun khususnya.

Dengan terbangunnya sarana pendidikan keagamaan diharapkan dapat mengurangi pernikahan usia dini bagi para Calon Pengantin (Catin), mudah-mudahan dapat terwujud sesuai harapan masyarakat, jelasnya.

Camat juga menyampaikan kepada Sekda Aceh Tamiang, terkait dengan kondisi jalan serta jembatan yang sangat membutuhkan perhatian pemerintah, dengan hadirnya Sekretaris Daerah Aceh Tamiang dan Kakanwil Kemenag Aceh, dan harapkan kedepannya sarana dan fasilitas tersebut dapat segera di perbaiki berdasarkan dengan usulan yang dilahirkan disampaikan sebelumnya, swbuut Camat.

Kakanwil Kemenag Aceh Drs. H.M. Daud Pakeh mengatakan, jauh hari sebelumnya, agenda kunjungan kerjanya ke Aceh Tamiang telah direncanakan bersama bupati, namun baru dapat terlaksana hari ini, terangnya.

Pemerintah melalui Kantor Kemenag telah mengambil Inisiatif untuk memberikan Pelayanan kepada masyarakat secara maksimal, baik di bidang agama maupun di bidang keagamaan hingga ke perguruan tinggi untuk melakukan pembinaan terhadap pendidikan agama.

Provinsi Aceh memiliki spesifikasi khusus dibandingkan dengan provinsi lainnya, Oleh karena itu kementerian Agama berinisiatif bersama DPR Aceh, Dinas Pendidikan Aceh untuk membangun lembaga pendidikan Agama, supaya kedepannya lebih baik.

Dengan demikian, Kementrian Agama Aceh bersama Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah pada tanggal 29 Januari 2019 lalu telah meresmikan secara bertahap untuk lembaga pendidikan ditingkat SMP dan SMA, yang dahulunya program pendidikan agama di sekolah umum hanya dua(2) jam pelajaran maka akan menjadi delapan(8) jam pelajaran dengan memadrasahkan Sekolah, sehingga program Madrasah Aliyah menjadi pondok pesantren, katanya lagi.

Untuk pembangunan lembaga Pendidikan di Kecamatan Tenggulun nantinya, Drs. H.M. Daud Pakeh mengatakan sebelum terbangunnya sarana pendidikan tersebut, terlebih dahulu pihaknya akan membuat perencanaan serta bermusyawarah (rembug) dengan masyarakat tentang lembaga pendidikan apa yang akan dibangun, tuturnya.

Selain itu, Menteri Agama Republik Indonesia mengharapkan untuk disetiap Kabupaten/kota, minimal ada satu Madrasah Aliyah menjadi Pondok Pesantren, guna mengantisipasi lemahnya Ilmu tentang Agama, tutupnya.

Selanjutnya, H. Mursil, SH, M.Kn Bupati Aceh Tamiang melalui Drs. Basyaruddin Sekretaris Daerah Aceh Tamiang mengatakan, bahwa Bupati Aceh Tamiang telah berjanji untuk menghibahkan lahannya kepada Kementrian Agama Aceh. Supaya dapat terbangunnya lembaga Pendidikan Agama di Aceh Tamiang yang berbasis Pondok pesantren, paparnya.

Dengan terbangunnya sarana Lembaga pendidikan agama, di harapkan memiliki nilai positif sesuai dengan keinginan Menteri Agama dan Kakan Kemenag Aceh Tamiang untuk dijadikan Pendidik pondok Pesantren, serta bermanfaat bagi masyarakat Aceh Tamiang sebutnya.

Mudah - mudahan terbangunnya Lembaga Pendidikan Agama  di kecamatan Tenggulun, dapat mewujudkan program Bupati Aceh Tamiang adanya Tahfiz Al-Qur'an, imbuhnya.

Kepada Camat, Datok Penghulu (red) dan semua unsur lapisan masyarakat Kampung Tenggulun untuk dapat mendukung program Bupati terwujudnya Tahfiz Al-Qur'andi Kabupaten Aceh Tamiang dan bermanfaat bagi masyarakat Aceh Tamiang maupun diluar Kabupaten, ucapnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Drs. M. Daud Pakeh Kakanwil Kemenag Aceh, Kasi Sarpras Syafruddin, S. Ag, Kasubag Informasi Masyarakat Nasril, Lc, Drs. Basyaruddin, SH Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, Agus Piyama Devita, S. STP.M.Si Kabag Humas Setdakab Aceh Tamiang, M. Ilham Malik, S.STP Camat Tenggulun, Renir Hidayat Kasubag Rumah Tangga dan Protokoler Setdakab Aceh Tamiang,TNI dan Polri, Abidin Datok penghulu kampung  Tenggulun, MDSK, Tok Imam, Pemuda dan Masyarakat Setempat, (pakar).

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru