LANGKAT

OLAHRAGA

DAERAH

Pemko Tidak Melarang Bazar Imlek Dibuka, Hanya relokasi Tempat Saja.

Jumat, 11 Januari 2019 | 19.17 WIB
Kali Dibaca |

Sebarkan:
harianfikiransumut.com : Tanjungpinang - Menanggapi berita yang beredar Pemerintah Kota Tanjungpinang melarang pelaksanaan bazar Imlek, berita tersebut tidak benar. Pemko hanya merelokasi dari Jl. Pasar Ikan ke Jalan Teuku Umar. Hal tersebut disampaikan Walikota Tanjungpinang H. Syahrul,  S. Pd di kediamannya Rumah Dinas Bukit Manuk usai melaksanakan senam bersama, Kamis (10/1).

Syahrul mengapresiasi masyarakat Tionghoa yang konsisten dalam melaksanakan Bazar Imlek setiap tahun. "Adanya berita yang berkembang saat ini bahwa Pemko Tanjungpinang tidak mengizinkan pelaksanaan bazar tersebut itu tidak benar, Pemko hanya memindahkan lokasi yang semula di Jalan Pasar Ikan ke lokasi yang baru di Jalan Teuku Umar", ujar Syahrul.

Lebih lanjut dikatakannya, relokasi bazar ini bertujuan untuk membangkitkan kembali ekonomi  di Kota Tanjungpinang. "Relokasi bazar ini bertujuan untuk membangkitkan kembali perekonomian yang melemah, momentum seperti ini sangat baik untuk memfasilitasi para pelaku ekonomi agar terus menggeliat," lanjutnya.

Terdapat beberapa pertimbangan untuk merelokasi bazar tersebut, menurut Syahrul pemindahan lokasi tersebut mendapat masukan dari perwakilan masyarakat, organisasi Tionghoa, LPM yang mengikuti rapat bersama beberapa waktu lalu di Kantor Walikota Tanjungpinang dan berdasarkan hal tersebut RT dan RW serta sebagian besar dari masyarakat sekitar lokasi Jalan Pasar Ikan memberikan respon positif atas relokasi bazar tersebut.

 "Beberapa organisasi yang menjadi perwakilan masyarakat memberikan respon positif terhadap relokasi tersebut dan telah disepakati bersama bahwa yang mengakomodir kegiatan tersebut adalah LPM Kelurahan Tanjungpinang Kota, selain itu juga RT dan RW serta masyarakat sekitar juga setuju bazar tersebut berada di Jalan Teuku Umar," lanjutnya.

Terkait terdapat beberapa pedagang yang sudah membayar kepada pengelola bazar di Pasar Ikan, Syahrul mengatakan para pedagang tersebut sesuai pertimbangan diperbolehkan untuk membuka lapaknya di Jalan Merdeka pada lokasi sebelah Kantor Polsek Tanjungpinang Kota mulai dari Toko Minolta sampai ke Jalan Teuku Umar.

 "Saya mengajak dan mengimbau masyarakat Kota Tanjungpinang untuk dapat mengunjungi, menyemarakkan dan meramaikan Bazar Imlek ini, hal ini  menunjukkan bahwa Pemko Tanjungpinang merangkul semua golongan, suku, bangsa dan agama apapun," tutup Syahrul.

Pada Rabu (9/1) malam bazar imlek sudah mulai dibuka, para pedagang juga sudah berjualan di jalan Teuku Umar. Pada malam tersebut Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP juga mengunjungi bazar imlek, tampak masyarakat cukup antusias mengunjungi bazar tersebut. Untuk seremonial pembukaan Bazar Imlek akan dilaksanakan pada Sabtu (12/1) mendatang di Jalan Teuku Umar. (Donny)

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru