LANGKAT

OLAHRAGA

DAERAH

Kesbang/politik Kota Padang Sidimpuan Gelar Sosialisasi Tentang Pembinaan Politik

Jumat, 14 Desember 2018 | 19.23 WIB
Kali Dibaca |

Sebarkan:
harianfikiransumut.com - Padang Sidimpuan : Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik kota Padangsidimpuan melakukan Sosialisasi tentang pembinaan politik masyarakat kota Padangsidimpuan, hadir pada kesempatan tersebut wakil walikota padangsidimpuan Arwin.Srg.kakan kesbang/politik Alpian.Pane.S.Sos, kasi organisasi Yunan.dly, nara sumber Muktar Helmi.S.P.i.M.P.d, Adi Saputra.SE dan peserta undangan lainnya jumat ( 14/12 ) bertempat di aula Hotel PIA kota padangsidimpuan.

dalam kata sambutan yang di sampaikan oleh wakil walikota padangsidimpuan Arwin.Srg. pada acara Pembinaan Politik Masyarakat kota padangsidimpuan tahun 2018. Dengan tema " masyarakat memahami secara luas tentang politik.partai politik pemilu serta politik secara benar sesuai dengan UUD 1945.".

Oleh karena itu di sebutkan wakil walikota bahwa pembinaan partai politik terus menerus di laksanakan karena partai politik sebagai pilar demokrasi perlu di tata dan di sempurnakan untuk mewujudkan sistim politik yang demokrasi guna mendukjng sistim pemerintahaan yang efektip.

Pembinaan politik sangat lah penting karena pembinaan lolitik adalah proses lembelajaran dan pemahaman tentang Hak, kewajiban dan tanggung jawab setiL warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Oleh karena perlu komitmen yang tinggi dari partai politik dalam memberikan pembinaan politik pada masyarakat sehingga menghasilkan kualitas yang tinggi dalam demokrasi khususnya di kota padangsidimpuan dan saya berharap kedepan partai politik harus semakin dinamis, bermutu dan dewasa serta semakin berperan dalam pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan.

Salah satu nara sumber pada acara tersebut Muktar Helmi.menyampaikan bahwa pada acara pembinaan partai politik kepada masyarakat kota padangsidimpuan bahwa sanya
partisipasi poitik merupakan salah satu aspek penting dlm demokrasi,
Dalam garis besar partisipasi politik adalah kegiatan seseorang atau sekelompok orang untuk ikut serta dalam aktif kegiatan politik baik scara langaung maupun secara tidak langsung.

Dalam bentuk partisipasi ada 2 partisipas yakni partisipasi konvensional dan non konvensional.345, kita umpamakan pada pemilu legislatif (caleg ) di kota padangsidimpuan kita lihat pada tahun 2009 72%.

Tahun 2012 86.56%.tahun 2018. 74.11%. 2014 74.92%. Ini lah tingkat partisipasi masyarakat pada setiap pemilu, hal ini tentu di pengaruhi ole banyak paktor seperti perubahan sosial kultural, kesadaran masyarakat yang mulai meningkat dan kerinduan masyarakat akan perubahan jelas di paparnya.

Senada juga yang di sampaikan oleh Adi Saputra.SE.bahwa Peran pemuda dalam masyarakat pemuda di dalam perpolitikan mempunyai peran dalam keterbukaan,kepeloporan, dan Kebersamaan.

Peran pemuda dalam politik di harapkan memberikan penceraan kepada masyarakat dan memberikan perubahan akan politik sehingga tidak terjadi kesimpang siuran akan politik dan pemuda akan menjadi pigur di dalam masyarakat untuk menyampaikan visi dan misi apa bila akan terjadinya pencalonan pada diri pemuda tersebut untuk menduduki suatu jabatan politik sebutnya.(AH)

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru