LANGKAT

OLAHRAGA

DAERAH

Kapolres Tapsel "Bhabinkamtibmas mempunyai peranan penting dalam mengkawal dana desa"

Senin, 24 Desember 2018 | 17.08 WIB
Kali Dibaca |

Sebarkan:
harianfikiransumut.com - Tapsel : Bhayangkara Pembina Keamanan dan Keamanan Masyarakat (Bhabinkamtibmas) merupakan instrumen di tingkat desa, untuk melakukan pengawasan dan penegakan hukum dalam penggunaan dana desa.

Hal itu ditegaskan Kapolres Tapanuli Selatan, AKBP Irwa Zaini Adib dalam sambutannya pada acara Temu Ramah Kapolres dengan Kepala Desa/Lurah de Kabupaten Tapsel, Jumat ( 21/12) lalu di Aula Sarasi Kantor Bupati Tapanuli Selatan Sipirok.

Dikatakannya, Bhabinkamtibmas punya peran penting dalam hal memonitoring dan pengawalan alokasi dana desa, dimana agar penggunaan dana tersebut dapat disesuaikan dengan program yang direncanakan tanpa adanya penyelewengan.

Kendati demikian, bukan berarti kehadiran Bhabinkamtibmas menjelma sebagai momok menakut-nakuti pemerintah desa, tetapi justru sebagai purwarupa mitra para kepala desa, untuk menciptakan situasi desa yang aman, tertib, dan kondusif.

Kapolres meyakini, dengan hubungan dua arah kedua instrumen tersebut, dipastikan dapat menyelesaikan permasalahan di masyarakat (problem solving), serta bergandeng tangan bersama dalam meningkatkan kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa.

Sejak menjabat Kapolres Tapsel Irwa Zaini Adib telah menekanan agar personil Polri senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat. Baik ditempat ibadah, titik perkumpulan, umumnya ditempat masyarakat umum bersoasialisasi atau beraktifitas sehari-sehari, untuk menghadirkan rasa aman dan nyaman.

Kapolres optimis bahwa dengan memberikan pelayanan yang humanis, sembari bersinergi dengan insan pers dalam membangun komunikasi yang sehat. Maka berita-berita hoax yang dapat menggangu persatuan dan kesatuan bangsa bisa dicegah dan diminimalisir sedini mungkin.

Kapolres Tapsel menitipkan Babinkamtibmas dan Babinsa kepada para kepala desa/lurah, dan berharap kiranya kehadiran dua instrumen tersebut dapat menciptakan suasana yg harmonis dan sejuk di wilayahnya masing-masing.

Terimakasih kepada Pemkab Tapsel yang telah memberikan ruang bagi Kepolisian sehingga dapat bertatap muka langsung dengan kepala desa/ lurah se Kabupaten Tapanuliselatan.

Tampak hadir dalam acara temu ramah, Bupati Tapsel Sahrul Pasaribu, Kajari Tiyas Widiarto, Kadis Pemdes Yusuf, Kakan Kesbangpol Hamdi Pulungan, camat dan kepala desa/lurah se Kabupaten Tapsel, serta tamu undangan lainnya.(AH)

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru