LANGKAT

OLAHRAGA

DAERAH

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Bener Meriah, Adakan Pelatihan TPID

Kamis, 29 November 2018 | 13.01 WIB
Kali Dibaca |

Sebarkan:
harianfikiransumut.com - Bener Meriah : Program Pembukan Tim Pelaksanaan Inovasi Desa (TPID) tersebut di buka langsung oleh Asisten I Pemerintahan dan Kesmas, Drs. Mulhlis. Acara kegiatan pelatihan TPID itu berlangsung di gedung Empu Beru Kabupaten Bener Meriah, Kamis (29/11/2018).

Dalam sambutannya itu, Mukhlis mengatakan, "kiranya di setiap desa dapat mampu meningktakan pengembangan potensi ekonomi desa lokal dan ke wirausahaan, serta pengembangan sumber daya alam manusia baik infrasruktur kampung maupun dari sisi lainnya", terangnya.

Lebih lanjut Drs. Mukhlis menambahkan, dengan di adakannya TPID ini, setidaknya program dan inovasi kreatif di setiap desa dapat mampu di kembangkan melalui imajinasi yang dapat meningkatkan ekonomi. Bukan hanya itu saja, TPID ini pun bisa menciptakan bibit - bibit yang kreatif yang busa mendukung program desa untuk menciptakan lapangan kerja nantinya".

Masih di kesempatan yang sama, Drh. Sofyan selaku Kadis (DPMK) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, menerangkan, "pentingnya keberadaan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) ini sesuai dengan UU Desa dalam mendukung PID, sehingga dapat terbentuk pola perencanaan program inovasi desa, serta langkah -langkah penyelesaian masalah oleh TPID yang timbul selama pelaksanaan program inovasi desa itu sendiri", ujarnya.

"Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 29 s/d 1 Desember 2018, pelaksanaan pelatihan ini dilakukan dengan metode ceramah, diskusi, kelompok, dan diskusi pleno, agar diharapakan nantinya metode yang dapat dipertanggung jawabkan guna pencapaian tujuan dan output disetiap kegiatan", jelasnya.

Selanjutnya, dalam kapasitas peningkatan pengelolaan progran inovasi desa ini, telah sesuai dengan arahan dan tujuan pelaksanaan pelatihan Tim Pengelola Inovasi Desa (TPID), seperti pola perencanaan (timeschedule), yang berkaitan dengan (RKTL) Rencana Kerja Tindak Lanjut, dan tidak terlepas dari pedoman umum program inovasi desa No 48 tahun 2018, serta keputusan Dirjen PMD No 36 tentang petunjuk teknis PPID tahun 2018", terang Drh. Sofyan.

Dalam kegiatan pelatihan TPID itu, dihadiri oleh oleh Asisten I Drs. Mukhlis, dan Kadis DPMK Bener Meriah Drh. Sofyan, Para Pembimbing dari Provinsi maupun dari Dinas DPMK, serta perwakilan masing - masing desa di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Bener Meriah, tutupnya mengakhiri. (Dasa)

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru