Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin, Tutup TMMD Ke 103 Kodim 0106/Aceh Tengah

harianfikiransumut.com - Bener Meriah : Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-103 TA 2018 Kodim 0106/Ateng-BM dengan tema "TNI Manunggal Rakyat Dalam Mewujudkan Desa Yang Maju, Sejahtera dan Demokratis" secara resmi di tutup oleh Kasdam Iskandar Muda Brigadir Jenderal TNI Achmad Daniel Chardin melalui Upacara, bertempat di lapangan sepak bola Kp. Blang Jorong Kec. Bandar Kab. Bener Meriah, Selasa ( 13/11 ).

Bertindak sebagai Irup Kasdam IM, Dan Up Danyon 113/JS Mayor Inf Yudhi Hendro Prasetyo, Pa Up Pasi Bakti Siters Korem 011/LW Mayor Arh Ronald Samosir, sedangkan Pasukan Upacara Korsik Ajendam IM, Perwira Menegah, Satgas TMMD, Kodim 0106/AT-BM, Yonif 114/SM, Polres BM, Brimob Subden 3 Den B BM, Pol-PP, Dinas BPBD, Polhut, Senkom, FKPPI, Pelajar dan Masyarakat.

Pembacaan laporan pelaksanaan kegiatan TMMD oleh Dansatgas Letkol Inf Hendry Widodo, secara keseluruhan sasaran fisik dan non fisik telah dilaksanakan mencapai target 100%, antara lain pengerjaan fisik seperti pembukaan jalan sepanjang 5.500 X 6 M, pemasangan gorong-gorong 2 titik, pembuatan jembatan 1 titik, penataan tanggul danau 135 M, normalisasi tebing sungai 2.390 M, tambahan pembuatan rumah 1 unit. Sedangkan sasaran non fisik berupa, penyuluhan tentang keluarga berencana (KB), HIV, pengelolaan lingkungan hidup, keorganisasian Linmas, pertanian, perikanan, peternakan, pelayanan terpadu sistem rujukan, mitigasi bencana, ceramah keagamaan, pemberdayaan lingkungan pariwisata, hukum tentang kamtibmas dan narkoba dan wawasan kebangsaan.

Amanat Inspektur Upacara, selama hampir satu bulan sejak kegiatan TMMD Ke-103 ini secara resmi dibuka pada 15 Oktober 2018 yang lalu, para Prajurit TNI, anggota Kepolisian, aparat Pemda, serta segenap komponen masyarakat telah bekerja keras, guna mencapai sasaran pembangunan, baik fisik maupun non-fisik, yang mencakup 50 Desa sasaran di 50 Kabupaten atau Kota di seluruh Indonesia.

Di setiap kegiatan TMMD ini kita dapat menyaksikan semangat kebersamaan serta gotong royong yang terpancar di setiap wajah sekaligus cucuran keringat masyarakat dan aparat yang bersama-sama bekerja di lapangan, hal ini menjadi refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen bangsa, yang memiliki visi, misi, dan tujuan bersama guna mengatasi berbagai persoalan pembangunan serta problematika kesejahteraan masyarakat.

Semangat kebersamaan seperti inilah yang sebenarnya merupakan hakikat dari kemanunggalan TNI-Rakyat, yang merupakan roh perjuangan bangsa yang akan terus kita bangun dan pelihara, ini juga merupakan aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan bangsa, yang bermuara pada terbentuknya kekuatan pertahanan nasional yang kokoh.

Oleh karena itu, pada kesempatan yang sangat baik ini, saya selaku Penanggung Jawab Operasional (PJO) TMMD, menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para Gubernur, Bupati,
Walikota, instansi Kementerian terkait, dan khususnya kepada seluruh masyarakat, yang telah bahu-membahu bersama prajurit TNI, mewujudkan pembangunan daerah yang menjadi sasaran pelaksanaan TMMD ke-103 ini.

Pesan Irup, pertahankan kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI-Rakyat, tingkatkan semangat bekerja, membangun bersama, sebagai realisasi semangat gotong royong, peliharalah hasil-hasil program TMMD ini dengan sebaik baiknya, teruslah membangun dan mengembangkan potensi desa masing-masing serta jadikan diri kita sebagai agen-agen pembangunan yang menyebarkan energi positif bagi lingkungan untuk mau belajar memajukan desa.

Terakhir Irup menyampaikan mohon maaf sebesar- besarnya apabila selama kegiatan TMMD ini terdapat perilaku atau tutur kata prajurit yang kurang berkenan di hati masyarakat, kepada Personil Satgas TMMD agar memperhatikan faktor keamanan saat kembali ke induk pasukan, jadikanlah momen ini sebagai pelajaran dan pengalaman tentang bagaimana menjadikan diri sebagai bagian dari solusi dan pendorong motivasi bagi rakyat, karena TNI AD lahir dari Rakyat dan mengabdi untuk Rakyat.

Salah satu masyarakat yang menyambut rombongan, bapak Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin mengucapkan, “sangat bersyukur dan berterimakasih kepada bapak TNI yang telah menjadikan desanya sebagai sasaran TMMD dan mewakili masyarakat saya mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak bapak TNI yang sudah bersama masyarakat membangun desanya, harapannya silahturahmi yang sudah ada tetap dapat terjaga meskipun TMMD, sudah berakhir, ucapnya.

Tampak hadir Irdam IM Kolonel Czi Firman Dahlan, Asren Dam IM Kolonel Arm Dedi Prihatmojo.S.Sos, Asters Dam IM Kolonel Inf Mahesa Fitriady, Danrem 011/LW Kolonel Inf Purmanto, Para Dandim jajaran Korem 011/LW, Danyonif 114/SM Letkol Inf Valyan. (Red/Rel)
Komentar

Berita Terkini