Antisipasi DBD, Puskesmas Karang Baru Lakukan Fogging di Kampung Alur Bemban


harianfikiransumut.com - Aceh Tamiang : Demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk, DBD dulu disebut penyakit “break-bone” karena kadang menyebabkan nyeri sendi dan otot di mana tulang terasa retak.

Demam berdarah ringan menyebabkan demam tinggi, ruam, dan nyeri otot dan sendi. Demam berdarah yang parah, atau juga dikenal sebagai dengue hemorrhagic fever, dapat menyebabkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba (shock), dan kematian.

Dadang Sunarya, M.Kes Penanggung jawab penanggulangan dan Pencegahan Penyakit demam berdarah pada Puskesmas Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang didampingi Misnan Datok Kampung Alur Bemban saat di lokasi kegiatan(14/11) mengatakan, penyemprotan Fogging ini dilakukan untuk mengantisipasi menularnya penyakit DBD yang diakibatkan oleh nyamuk.

Kegiatan Fogging ini juga atas permohononan Datok Kampung Alur Bemban untuk segera melakukan Fogging agar masyarakatnya tidak terserang dengan penyakit DBD yang di tularkan oleh nyamuk, jelasnya.

Misnan Datok Penghulu (Red- Kades) Kampung Alur Bemban mengatakan, bahwa kegiatan Fogging ini dilakukan di dua dusun, yaitu dusun mesjid dan dusun Damai Kampung Alur Bemban, dengan tujuan untuk mengantisipasi datangnya penyakit yang di bawa oleh nyamuk sehingga dapat mengakibatkan dampak buruk bagi masyarakat, oleh karena itu melalui Fogging ini setidaknya dapat meminimalisir datangnya penyakit oleh gigitan Nyamuk, terangnya.

Selanjutnya, Datok menghimbau, agar masyarakat untuk dapat menjaga kesehatan dan lingkungannya melalui hidup bersih, baik didalam rumah maupun dilingkungan sekitar, jangan biarkan generasi nyamuk berkembang biak, tutupnya, (pakar).
Komentar

Berita Terkini