1000 Peserta Fesposha Merebutkan Piala Delia

Langkat-harianfikiransumut.com : DPK BKPRMI Kecamatan Selesai menggelar acara Festival Pawai Obor dan Sholawatan (Fesposha) Ke-II, bertempat di Lapangan Idris Yunus Selesai, Senin Malam (10/9).

Fesposha kali ini diikuti kurang lebih 1000 peserta, sehingga terlihat semakin semarak. Antusias para peserta selain untuk menyambut tahun baru Islam 1440 H,  juga termotivasi untuk merebutkan piala bergilir anggota DPR RI Dapil III Sumut dari  Fraksi Partai Golkar Delia Pratiwi Boru Sitepu SH.

Delia Pratiwi dalam sambutannya mengatakan,Fesposha tujuannya selain untuk memeriahkan tahun baru Islam juga untuk melestarikan budaya lokal.

"Untuk itu mari kita bersama bergandeng tangan untuk menjaga dan melestarikannya,"sebutnya.

Sembari mengucapkan terimakasih kepada panitia, peserta dan semua pihak yang ikut membantu,hingga festival ini terselenggara dengan meriah.

Ketua KNPI Kabupaten Langkat H. Rizky Yunanda Sitepu STP, dikesempatan sama, menjelaskan Fesposha ini mengangkat tema Ukhuwah Islamiyah. Karena Fesposha menyerukan dan mengajak kepada seluruh warga Selesai terutama bagi umat muslim, untuk menjadikan momentum tahun baru Islam ini, penyambung dan pererat tali silaturahmi.

"Pada festival ini juga dilakukan pembacaan doa keselamatan di akhir dan awal tahun. Selain itu selama pawai berlangsung,   para peserta juga terus membacakan doa awal tahun di sepanjang jalan,"sampainya.

Ketua DPRD Langkat, Surya Alam yang turut hadir, mengatakan, Fesposha ini adalah budaya kearifan lokal, sebagi bentuk rasa syukur warga setempat dalam merayakan tahun baru Islam.

"Ini adalah salah satu cara kami, memperingati tahun baru Islam yang disetiap tahunnya dilakukan, sebagai wujud syukur ," ujarnya.

Dari pantauan dilapangan, para peserta terdiri dari anak kecil dan remaja, dengan memakai pakaian muslim bersarung bagi laki-laki dan pakaian muslimah berhijab bagi perempuan. 

Pada rute Fospesha berkeliling disejumlah perkampungan Selesai, dengan berjalan beriringan, ditangannya memegangi obor  yang telah disulut api, serta membawa bedug kecil yang diletakan didepan rombongan seraya mengucap takbir.

Turut hadir  Forkopim Kecamatan Selesai, Tokoh agama/masyarakat/pemuda Kecamatan Selesai, Lurah/kades se Kecamatan Selesai, para pengurus BKPRMI Se-Kec.Selesai dan ribuan masyarakat Selesai.(Belly)
Komentar

Berita Terkini