LANGKAT

OLAHRAGA

DAERAH

Kapolres Langkat Pimpin Upacara Hari Lahirnya Pancasila

Jumat, 01 Juni 2018 | 20.18 WIB
Kali Dibaca |

Sebarkan:
Stabat- harianfikiransumut.com : Kapolres Langkat AKBP Dedy Indriyanto SIK.MSI memimpin upacara  peringatan hari lahir Pancasila, dihalaman Kantor Bupati Langkat, Stabat, Langkat, Jum’at (1/6).

Bertindak sebagai perwira upacara Kadis Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Ikhsan Apriza S.STP, M.Si, komandan upacara dari Sat Pol PP Joko Pitono, Pembacaan UUD 1945 Humas Setdakab.Langkat Dian S.STP, petugas pengibar bendera dari Sat Pol PP.

Dalam upacara tersebut, AKBP Dede membacakan  sambutan teks tertulis  Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dalam rangka upacara peringatan hari lahir Pancasila.

Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh bung Karno ,pada tanggal 1 juni 1945, kemudian dituangkan dalam piagam Jakarta pada tanggal 22 juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 agustus 1945.

Kini, sudah 73 tahun pancasila bertahan dan terus tumbuh menjadi rumah bagi rakyat Indonesia  yang ber-bhinneka tunggal ika, meskipun  deru ombak ideologi – ideologi lain terus berusaha menggesernya. Sebab Pancasila adalah berkah yang indah diberikan Tuhan kepada kita.

“Insaya Allah sampai akhir zaman , Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia,”tegasnya.

Karena sebagai bangsa yang  majemuk yang terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1,100 bahasa lokal yang hidup lebih dari 17.000 pulau,   semangat persatuan adalah pilar utama  dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dengan menetapkan Pancasila sebagai  pemersatu segala perbedaan .

“Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, sebagai fondasi dibangunnya Indonesia, yang bersatu berdaulat adil dan makmur,”urainya.

Selain itu,  Kapolres Langkat mengajak  di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini , harus dimafaatkan sebagai momentum , untuk memperkuat etos peduli dan berbagi semangat gotong royong, yang merupakan budaya luhur bangsa. Sebab hal ini sumber energi besar Indonesia , untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

Turut hadir pada uapcara tersebut, Bupati Langkat H.Ngogesa Sitepu SH diwakili Sekdakab. Langkat dr.H.Indra Salahudin MKes.MM, Plt Ketua DPRD Langkat Ralin Sinulingga SE, Danyon Marinir diwakili Letu Marinir Kripo Sulistio, Danyon Raider diwakili Kapten .Inf.Mahfud, Kejakaan Negri Stabat diwakili Kasi Intel Ibrahim Malih, BNN Langkat diwakili Suwarno,Ketua PWI Langkat Heri Putra Ginting, perwakilan pengadilan negri Stabat, sejumlah Pimpinan SKPD serta ASN dijajaran Pemkab.Langkat.(B,Sembiring)

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru