Dalam Pengelolaan Anggaran Kegiatan Tugu Rimba Raya, Pihak Muspika Pintu Rime Gayo Tidak Transparan Terhadap IPTR RI"


BENER MERIAH - harianfikiransumut.com : Pihak Kecamatan yang di ketua bidang seksi dalam kegiatan hajad Tugu Radio Rimba Raya, Kecamatan Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah, yakni Camat Pintu Rime Gayo Dade Samusi dan Kepala Kampung Rimba Raya Mukhlis, tidak transparan dalam pengelolaan anggaran kegiatan Tugu Radio Rimba Raya, terhadap Pemuda IPTR RI (Ikatan Pemuda Tugu Rimba Raya Republik Indonesia).

Pasalnya, pemuda IPTR RI tidak di libatkan dalam kegiatan tersebut, ungkap Hardi Nova Selaku Ketua IPTR RI (Ikatan Pemuda Tugu Rimba Raya Republik Indonesia), Senin 25/06/2018.

Mirisnya lagi, dalam kegiatan pengecatan Tugu Rimba Raya itu bukan dilakukan oleh Pemuda IPTR RI sendiri, melainkan dikerjakan oleh anak dibawah umur. Anehnya lagi, tambah Hardi, pengerjaan pengecatan Tugu itu dikatakan oleh pilah kecamatan dan Kepala Kampung, dikerjakan oleh lima belas orang pekerja,  ternyata hasil dilapangan yang dipekerjakan hanya delapan orang pekerja saja, itupun para pekerja masih sekolah SLTP alias di bawah umur, jelas Ketua IPTR RI Hardi Nova.

Sementara itu, untuk pengecatan Tugu Monumen Radio Rimba Raya diberikan sebesar Rp. 6.000.000,-(Enam Juta Rupiah) kepada pemuda kampung melalui Kepala Desa yakni Mukhlis, sedangkan untuk IPTR RI hanya 500,000,-(Lima Ratus Ribu Rupiah), itu untuk empat orang mengerjaan penyemprotan rumput yang telah tinggi di seputaran Tugu Radio Rimba Raya, bahkan dana penyemprotan tersebut di berikan oleh Kadis Kominfo Kabupaten Bener Meriah Irmansyah S.STP, hanya untuk 5 liter obat semprot, harga obat semprot itu perliternya Rp.60.000,-(,Enam Puluh Ribu Rupiah), setelah pengerjaan penyemprotan rumput  dikerjakan, ternyata kurang dua liter lagi, Sehingga Anggota Pemuda IPTR RI meminta kepada pihak Kecamatan untuk di belikan tambahan obat semprot, agar pengerjaan penyemprotan itu rampung dikerjakan.

Alhasil, setelah pengerjaan penyemprotan selesai dikerjakan, sampai saat ini dana penyemprotan itu belum juga diberikan oleh pihak kecamatan sebesar Rp.120.000,- (Seratus Dua Puluh Ribu Rupiah), karena pihak kecamatan Pintu Rime Gayo sebagai Panitia Seksi tempat.

Justru itu, tidak tertutup kemungkinan adanya anggaran kegiatan itu, ungkap Hardi Nova selaku Ketua IPTR RI (Ikatan Pemuda Tugu Rimba Raya Republik Indonesia). Tidak hanya itu, kekecewaan itu timbul dari Pemuda IPTR RI yang  tidak dilibatkan oleh pihak Muspika sebagai Panitia Seksi tempat.

Sementara itu, menurut SK Bupati pihak IPTR RI jelas  terlibat di dalamnya, "Namun mengapa didalam kegiatan itu, pihak IPTR RI hanya jadi penonton saja", terang Hardi Nova.

Sedangkan untuk upah empat orang penyemprotan rumput di Tugu Rimba Raya itu, tidak mereka minta, karena pengerjaan itu mereka lakukan secara sukarela, ujar Hardi Nova.

Mirisnya lagi, sebelum dalam proses kegiatan itu, pihak IPTR RI tidak ada dilibatkan, sehingga di dalam IPTR RI itu sendiri timbul persepsi yang berbeda, betapa tidak seluruh anggota IPTR RI menanyakan kejelasan anggaran kegiatan itu  kepada Ketua IPTR RI, seolah-olah ada permainan dibawah tangan dalam pengelolaan anggaran kegiatan.
Justru itu, Hardi Nova Selaku Ketua IPTR RI, membantah  "kegiatan itu tidak kita ketahui sama sekali, karena pihak Muspikalah yang mengurus segalanya dan tidak ada koordinasi dengan Pemuda IPTR RI sendiri, terang Hardi Nova.

Disisi lain, Wakil Bupati Bener Meriah Tgk. Syarkawi, saat dikonfirmasi terkait hal itu, "Ia sangat menyayangkan bila hal itu benar-benar terjadi, seharusnya pihak Kominfo selaku Panitia kegiatan dan Muspika di kecamatan harus bersinergi dan bekerja sama dengan Ikatan Pemuda Tugu Rimba Raya Republik Indonesia (IPTR-RI) dalam melangkah kesuksesan acara itu, bukan malah mendiskriminatifkan".

Untuk itu, Wakil Bupati berharap agar permasalahan ini segera diselesaikan sebelum menjelang kegiatan itu berlangsung, kiranya persoalan ini dapat terasi dengan saling koordinasi baik dari pihak Kominfo sendiri maupun Muspika sendiri, pinta Tgk. Syarkawi mengak
Komentar

Berita Terkini