LANGKAT

OLAHRAGA

DAERAH

Dayah Perbatasan Manarul Islam Gelar Wisuda Perdana

Sabtu, 12 Mei 2018 | 15.25 WIB
Kali Dibaca |

Sebarkan:
Aceh Tamiang - harianfikiransumut.com : Pelaksanaan Wisuda Perdana dan Pelepasan Santri Kelas Akhir Tingkat SMP & SMA berlangsung pada pukul 09:00 Wib di halaman Dayah Perbatasan Manarul Islam Kecamatan Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang, (12/05/2018).

Diawali dengan Dzikir Maulid oleh para Santri serta di lanjutkan dengan Nasyidaryah oleh para Santriwati Dayah Perbatasan Manarul Islam, Pembacaan Dala il/Hip Hop dan Pembacaan Ayat Suci Al qur'an, kemudian Pemberian penghargaan kepada para Tahfizul Qur’an satu juz selama satu semester yang di berikan oleh pengawas dan kepala SMA Manarul Islam kepada para Santri dan Santri wati.

Dalam rangka Wisudawan dan wisudawati tahun ajaran 2018-2019 Ketua Panitia menyampaikan bahwa acara wisuda Perdana dengan angkatan ke 2 ini dengan jumlah wisudawan sebanyak 39 orang, terselenggaranya kegiatan hari ini berkat adanya andil dari pihak pihak tertentu yang memberikan dukungannya, kegiatan ini juga bersumber dari dana Sumbangan H. Mursil, M.Kn selaku Bupati Aceh Tamiang, para wali Santri, para Dewan Guru, para Santri, jelasnya.

Pimpinan/Ra isul Dayah Manarul Iman Ust. Musthafa Abdussalam dalam sambutanya menyampaikan bahwa di pesantren ini menjalankan terapan terapan menggunakan konsep islam kaffah yang merujuk kepada mazhab Ahli sunnah wal jamaah, serta mengamalkan ilmu tasauf, menjalankan kedisiplinan pada aturan aturan yang telah di tetapkan,jelasnya.

Di kesempatan yang sama Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh melalui Kepala UPTD Islamic Center Dinas Pendidikan Dayah Provinsi Aceh, Drs. Muhammad Nasir dalam Sambutannya menyampaikan selamat kepada Santriwan dan Santriwati, keberhasilan dr santri tdk terlepas dari pesan orang tua serta pemerintah, kehadiran dayah merupakan sangat penting dan  Dayah juga merupakan pendidikan yang paling tertua di Provinsi Aceh, sehingga memberikan dampak yang baik kepada para Santri dan Santri wati, jelasnya.

Peningkatan Muttu akan di wujudkan melalui di selenggarakannya pekan kreatifitas Santri tahun 2018 antar Dayah Perbatasan di Kabupaten Aceh Tamiang yang Ke empat, yang akan di ikuti oleh beberapa Dayah diantaranya, Dayah Aceh Singkil, Dayah Aceh Tenggara, Dayah Aceh Tamiang, Dayah Babussalam,tutupnya.

Bupati Aceh Tamiang H. Mursil M.Kn melalui T. Nasfi S.Ag selaku Kepal Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Tamiang menyampaikan ucapan selamatnya kepada para Santri, mudah mudah menjadi berguna bagi Nusa dan bangsa serta agama, kami juga mendukung sepenuhnya dengan program yang ada di dalam pesanteren, pendidikan Dayah ini dapat membentuk Manusia untuk menjadi lebih baik dan bermartabat, semoga peningkatan Syariat Islam dapat lebih maju dari sebelumnya, dengan banyaknya lulusan pesantren dapat membantu program pemerintah dalam melaksanakan Syariat Islam, harapnya.

Turut Hadir Kepala UPTD Islamic Center Dinas Pendidikan Dayah Provinsi Aceh, Anggota DPR-RI Fernandes, Fadlon,SH Ketua DPRK Aceh Tamiang, T. Nasfi, S. Ag Kepala Dinas Syariat Islam, Kodim 0117/Atam, Agussalim, SH, MH selaku Ka. Subag Dokumentasi dan publikasi Bagian Humas Setdakab Aceh Tamiang, Datok Penghulu, Ustazd Mustafa Abdussalam Syah Pimpinann Dayah, Kepala Bidang Dayah, Kepala Bidang Umum, para Ustazd dan Ustazah, para Santri dan Santri wati, para Wali Santri serta para undangan,(pakar)

Baca Juga

Komentar

Berita Terbaru